BERITA

Ini Empat Ruas Tol Trans Jawa yang Digratiskan Jokowi

Ini Empat Ruas Tol Trans Jawa yang Digratiskan Jokowi

KBR, Jombang- Presiden Joko Widodo meresmikan empat ruas tol sepanjang 59 kilometer di Jawa Timur, Kamis, (20/12/2018). Empat jalan tol tersebut yaitu ruas Wilangan-Kertosono, Kertosono-Bandar, Pasuruan-Gempol, serta Pasuruan-Grati. Peresmian dilakukan di KM 671, ruas Ngawi-Kertosono, di Desa Gondangmanis, Kecamatan Bandar Kedungmulyo, Jombang, Jawa Timur.

Presiden Jokowi menjelaskan, dengan peresmian empat ruas tol tersebut, maka jalan tol Jakarta-Surabaya dengan panjang 741 kilometer sudah terhubung dan bisa dilalui per 20 Desember 2018.

"Saya berharap dengan selesainya ruas tol ini dan bisa tembus Jakarta-Surabaya, saya ingin betul-betul punya manfaat lebih, memudahkan masyarakat agar lebih cepat, bisa jadi alternatif pilihan jalan yang ingin dilalui, mau pakai jalan lama silakan, mau lewat tol silakan," kata Presiden Jokowi saat peresmian.

Presiden Joko Widodo juga melakukan perjalanan di jalan tol sepanjang 341 kilometer menggunakan bus dari Surabaya ke Jembatan Kalikuto di Kabupaten Kendal, Jawa tengah.

Baca juga:

    <li><b><a href="https://kbr.id/11-2018/jokowi_akui_percepat_proyek_infrastruktur_untuk_pemilu_/98287.html">Jokowi Akui Percepat Proyek Infrastruktur Untuk Pemilu</a></b></li>
    
    <li><b><a href="https://kbr.id/NASIONAL/11-2018/jokowi_targetkan_aceh___lampung_bisa_terhubung_pada_2024/98254.html">Jokowi Targetkan Aceh-Lampung Bisa Terhubung Pada 2024     </a> </b>
    

     

Sementara itu, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono mengatakan, empat ruas jalan tol yang baru diresmikan Presiden Jokowi tersebut bisa dilalui secara gratis.  Penggratisan itu berlaku mulai 20 Desember 2018 hingga Tahun Baru 2019 mendatang. 

"Kami usulkan kepada bapak presiden, meski sudah operasional, namun kami minta empat ruas tol tersebut gratis nol rupiah hingga Januari 2019, sampai ada keputusan lagi dari bapak presiden," kata Basuki. 

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono yang turut mendampingi presiden saat peresmian berharap, empat ruas tol yang sudah beroperasi itu bisa dimanfaatkan masyarakat untuk libur Natal dan tahun baru. 

Kata dia, dengan diresmikannya empat ruas tol ini, berarti tol Trans Jawa mulai Merak hingga Grati Pasuruan sudah tersambung. Jalan tol trans Jawa membentang dari Merak hingga Banyuwangi dengan panjang 1.151 kilometer.  

Editor: Kurniati


  • Jalan tol
  • Presiden Jokowi
  • Jombang
  • Jawa Timur
  • Tol Gratis

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!