BERITA

Tengah Kaji Lingkungan Kendeng, KLHK Tak Tahu Gubernur Ganjar Terbitkan Izin Baru Pabrik S

""Yang jelas, pertemuan dengan Gubernur Jawa Tengah, Jawa Timur, tim penyusun, serta tim penilai, tidak ada pernyataan mengenai hal tersebut. Tidak ada tentang mengeluarkan izin lingkungan.""

Tengah Kaji Lingkungan Kendeng, KLHK Tak Tahu Gubernur Ganjar Terbitkan Izin Baru Pabrik S
Ilustrasi: Aksi ibu-ibu Kendeng menyemen kaki di depan istana sebagai simbol penolakan terhadap pabrik Semen di daerahnya. (Foto: KBR/Angga)


KBR, Jakarta- Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), sebagai Ketua Tim Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) Pegunungan Kendeng akan mengonfirmasi penerbitan izin terhadap PT Semen Indonesia. Izin tersebut dikeluarkan oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Ketua Tim Panel Pakar KLHS Kendeng, Sudharto P Hadi menjelaskan, pada 15 November lalu, KLHS menggelar pertemuan dengan sejumlah pemangku kepentingan di Kantor Gubernur Jawa Tengah. Dalam pertemuan tersebut kata dia, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sama sekali tidak mengungkapkan   sudah menerbitkan izin baru, pada 9 November.

"Saya akan konfirmasi dulu. Yang jelas, pertemuan dengan Gubernur Jawa Tengah, Jawa Timur, tim penyusun, serta tim penilai, tidak ada pernyataan mengenai hal tersebut. Tidak ada tentang mengeluarkan izin lingkungan. Waktu itu yang saya dengar Pak Gubernur akan mendorong pelaksanaan KLHS. Jadi kalau hari ini mengeluarkan izin, saya belum tahu," katanya.


Ia menambahkan, pertemuan saat itu juga dihadiri bupati dari Jawa Tengah yakni; Grobogan, Pati, Rembang, dan Blora, dan juga tiga bupati di Jawa Timur yaitu Bojonegoro, Tuban, dan Lamongan. Sudharto menuturkan, saat itu pertemuan dilakukan dengan mengusung agenda utama pembahasan penyusunan KLHS. Hal ini sesuai dengan perintah Presiden Joko Widodo. Dalam pertemuan itu, Ganjar juga diklaim berkomitmen untuk menjalankan hasil KLHS jika sudah terbit.


Editor: Rony Sitanggang

  • jaringan masyarakat peduli pegunungan kendeng
  • Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo
  • Ketua Tim Panel Pakar KLHS Kendeng
  • Sudharto P Hadi

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!