BERITA

Pertemuan MSG, Wiranto: Terima ULMWP Berdampak Buruk pada Hubungan Antar-Negara

Pertemuan MSG, Wiranto: Terima ULMWP Berdampak Buruk pada Hubungan Antar-Negara


KBR, Jakarta- Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan HAM Wiranto tak mau ambil pusing soal kemungkinan putusan Melanesian Spearhead Group(MSG) terkait nasib keanggotaan Gerakan Pembebasan Papua Barat(ULMWP). Dia memandang sudah semestinya MSG menolak keanggotaan penuh ULMWP.

"Ya kita menghendaki jangan ada satu organisasi yang menurut saya kontroversi. Harus hormati kedaulatan Indonesia, harus ditolak, ga bisa kemudian mendua. Misalnya anda sendiri mengundang tetangga yang sedang berkelahi sama bininya. Pasti pilih yang bener yang mana, yang sah kan?" ujar Wiranto, Selasa (20/12).


Dia mensinyalkan jika keputusan MSG nanti tidak sesuai harapan Indonesia, maka itu akan berdampak buruk pada hubungan politik antarnegara. Secara halus, dia membujuk agar negara-negara Melanesia itu berpihak kepada Indonesia.


"Organisasi ini kan dalam konteks negara baru melakukan gerakan. Lebih baik menghormati Indonesia daripada satu gerakan yang mau memecahbelah Indonesia."


Hingga Jumat (23/12) mendatang, MSG menggelar pertemuan anggota membahas rancangan kriteria keanggotaan MSG. Setelah itu nantinya akan dibahas  soal bagaimana nasib keanggotaan ULMWP apakah diterima menjadi anggota penuh. Namun karena jelang Natal, pertemuan ditunda dan akan dilanjutkan di  Leader Summit pada awal Januari. 


Hingga kemarin, dua negara yakni Vanuatu dan Kepulauan Solomon mendukung UMLWP masuk menjadi anggota penuh MSG. Sementara, Fiji dan Papua Nugini mendukung Indonesia untuk menolak keanggotaan penuh ULMWP.


Editor: Rony Sitanggang

  • msg senior official meeting di vanuatu
  • menko polhukam wiranto

Komentar (10)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

  • Melanesian 7 years ago

    Indonesia Itu bukan negara Melanesian, tetapi Melayu.... ULMWP adalah perwakilan Bangsa Melanesian yang Ada dalam wilayah Jajahan Indonesia. Mereka Harus Mendapatkan Full Membership in MSG. STOP SLOW GENOCIDE IN WEST PAPUA

  • Benyamin Lagowan7 years ago

    Emangnya Papua istri lu yang sah? Sadarlah gugatan PEPERA yg cacat hukum itu lah makanya Rakyat Papua masih minta merdeka. Lu kawin ma Papua juga ngak sah.. dol

  • Macan Papua7 years ago

    ULWMP Adalah Fungsi Kontrol Rakyat Papua: NKRI Panik, Hukum Tabur Tuai. Sangat cukup lama Ràkyat Papua dibunuh demi Kedaulatan NKRI. Politik Adalah Seni artinya yang kuat tidak selamanya Berkuasa atas yang Lemah. Yang lemah bukan pulah Mayat Hidup. Tuhan memihak pada umatnya yang lemah. Terima kasih MSG, kalian adalah Musa, Martin Luter King, Nelson Mandela dll. Di Abad yang Ke 21.

  • Aku Melanesia Papua7 years ago

    Pak wiranto takut anda diadili sesuai dengan hukum internasional. tak ada kaitan dengan dirimu papua adalah melanesia bukan melayu.. kau Sadar,,, sadar,,, sadarlah banyak dosa atas kehidupan orang asli papua. papua bukan miliknya namun kau orang asing di tanah papua

  • Oweack7 years ago

    NEGARA-NEGARA ANGGOTA MSG sesungguhnya mendukung penuh ULMWP harus masuk sebagai anggota penuh. Negara FIJI & PNG memihak pd NKRI ini hanya kepentingan "FINANSIAL" semata. Kedua Negara ini tdk sadar jikalau Nasip Org Papua sedang mereka jual pd NKRI. Hubungan kerja sama indonesia dg MSG sama sekali tdk ada kepentingan EKOSOK & HANKAM, Namun kepentingan NKRI ada di MSG adalah: hanya untk mempertahankan keutuhan Papua dlm bingkai NKRI. NKRI perlu menyadari bhw papua & ngr-ngr anggota MSG bukan ras Melayu tp ras melanesia. Kehadiran NKRI pd MSG membuat noda bagi RUMPUN MELANESIA. PAPUA/ULMWP PANTAS MENJADI ANGGOTA TETAP DI MSG.

  • agarnggurnalik7 years ago

    Pace ko stop. Anda seorang penjahat kelas kakap. Berhenti sibuk. Kebodohanmulah justru menghancurkan republik ini.

  • Ayob Tabuni7 years ago

    Hahahahah kasihan pekerjaan mie sedap indo melayu alias MODUS Heheheh Puki maii.......... :)

  • asran7 years ago

    satu untuk indonesia. kami dukung pemerataan pembangunan diseluruh wikayah negara ini.... #NKRIHARGAMATI hargai jasa pahlawan kita

  • Yogi zulianto7 years ago

    Sudah lah,, aku tetap dukung pak wiranto,,

  • teddy6 years ago

    Pahlawan mu atau Pahlawan ku mas asran