BERITA

Pembangunan Rumah Rusak Akibat Gempa Aceh Dimulai Januari

Pembangunan Rumah Rusak Akibat Gempa Aceh Dimulai Januari


KBR, Jakarta- Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menargetkan pembangunan rumah rusak akibat gempa di Pidie Jaya, Aceh dimulai awal Januari tahun depan. Kepala BNPB WIllem Rampangilei mengatakan, proses pendataan dan verifikasi rumah akan ditutup akhir bulan ini. Kata dia, tiap rumah yang terverifikasi rusak berat akan mendapat bantuan Rp 40 juta. Sementara untuk, pembangunan fasilitas umum lainnya akan dimulai awal Februari.

"Untuk verifikasi perumahan itu akhir Desember, 30 Desember sudah clear, jadi sudah langsung bisa dibangun mulai Januari. Sedangkan untuk yang lain-lainnya akhir Januari. Berarti pembangunan itu bisa mulai dilakukan pada awal Februari, masjid, sekolah, RS, ada juga jembatan yang rusak, di awal Februari karena kita harus kita harus membuat dokumen yang disebut rencana aksi yang disepakati oleh kementerian dan lembaga semua," kata Willem Rampangilei, usai ratas penanganan bencana Aceh di kompleks Istana, Jumat (16/12/2016).


Willem menargetkan proses rehabilitasi dan rekonstruksi selesai akhir 2017. Namun, untuk bangunan-bangunan besar diperkirakan bakal membutuhkan waktu lebih lama.


"Kami merencanakan pada akhir tahun 2017 rehabilitasi dan rekonstruksi ini sudah selesai dilakukan, tentunya untuk bangunan-bangunan besar tidak bisa selesai 2017,  seperti masjid mungkin memerlukan waktu lebih lama," tuturnya.


Willem menyebut Menteri Keuangan telah menyiapkan Rp 2 triliun untuk penanganan bencana. Kata dia, sebanyak Rp 250 miliar merupakan anggaran yang bisa sewaktu-waktu digunakan (on call). Apabila masih ada kekurangan, maka akan dialokasikan untuk di APBN 2017.


Sementara itu berdasar rilis BNPB, rumah dengan kategori rusak, pemerintah akan memberikan bantuan Rp 20 juta. Hingga saat ini rumah yang sudah tercatat dan terverifikasi pemkab mencapai 174 rusak berat dan 242 rusak (sedang dan ringan)  di Pidie Jaya dan Pidie. Sementara data yang sudah masuk mencatat ada 2.551 rumah rusak berat dan 16.061 rumah rusak.

Editor: Dimas Rizky

  • gempa aceh
  • pembangunan rumah gempa Aceh
  • dana pembangunan gempa Aceh

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!