BERITA

Jaga Natal dan Tahun Baru, TNI Keluarkan Sepertiga Kekuatan

Jaga Natal dan Tahun Baru, TNI Keluarkan Sepertiga Kekuatan


KBR, Jakarta- Tentara Nasional Indonesia (TNI) menyiagakan sepertiga personilnya untuk membantu Kepolisian Indonesia menjaga perayaan Natal dan Tahun Baru di seluruh Indonesia. Panglima TNI, Gatot Nurmantyo mengatakan, pihaknya juga menyediakan pasukan lainnya apabila sewaktu-waktu dibutuhkan dalam pengamanan tersebut. Dengan begitu dia mengaku optimis perayaan Natal dan Tahun Baru kali ini akan berjalan dengan aman di seluruh Indonesia.

"Jadi intelijen kami, akses kami, pasukan kami termasuk teritorial, semuanya, apa yang diperlukan Polri kami siapkan semuanya. Diminta atau tidak diminta informasi yang kami miliki akan kami berikan kepada Polri," ujarnya kepada wartawan di Kantor Presiden, Istana Negara, Jakarta, Kamis (22/12/2016).


Dia juga meminta kepada seluruh masyarakat untuk tidak segan-segan memberikan informasi sekecil apa pun soal adanya upaya yang bakal mengganggu keamanan dalam perayaan Natal dan Tahun Baru.


"Tadi sudah dikatakan oleh Kapolri, TNI, kita semuanya bekerja keras bersama-sama, tentunya juga harus bekerjasama juga karena masyarakat kan di mana-mana, ada informasi kan dan kita akan sama-sama dengan kapolri untuk wujudkan rasa damai, sehingga saudara-saudara kita bisa merayakan Natal dengan tenang," ucapnya.


Dia menambahkan, pihaknya mengimbau agar seluruh masyarakat di Indonesia tidak perlu merasa khawatir soal adanya kemungkinan aksi teror dalam perayaan Natal dan Tahun Baru kali ini. Meski demikian, dia tetap meminta agar semua pihak tetap waspada.


Disisi lain, Pangdam Jaya, Teddy Lhaksmana mengaku menyiagakan 20 SSK anggotanya untuk membantu Polda Metro Jaya menjaga perayaan Natal dan Tahun Baru untuk wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya.


Sebelumnya, Presiden Joko Widodo menginstruksikan kepada Kepala Kepolisian Indonesia, Tito Karnavian untuk memokuskan penjagaan Natal 2016 dan Tahun Baru 2017 pada kesiapan dan pengamanan terhadap ancaman terorisme. Selain itu kata dia, kesiapan lain berupa lancarnya pasokan bahan pangan, bahan bakar minyak, dan juga transportasi pendukung merupakan hal yang biasa dibahas pemerintah dan jajarannya jelang momen tersebut.

Editor: Dimas Rizky

  • natal dan tahun baru
  • penjagaan natal dan tahun baru

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!