BNPB: Pemerintah Siapkan Dana Bangun Lagi Rumah Korban Gempa

Saat ini masih dilakukan pendataan.

BERITA | NASIONAL

Jumat, 09 Des 2016 19:02 WIB

Author

Bambang Hari

BNPB: Pemerintah Siapkan Dana Bangun Lagi Rumah Korban Gempa

Seorang relawan Palang Merah Indonesia (PMI) Tegal melakukan penggalangan dana untuk korban gempa Aceh di Pertigaan Jalan DI Ponegoro, Tegal, Jawa Tengah, Jumat (9/12). (Foto: Antara)


KBR, Jakarta- Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebut korban bencana gempa Aceh akan mendapat bantuan dana untuk membangun kembali rumah mereka terdampak bencana. Juru bicara BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan pemerintah menyiapkan bantuan Rp 20 juta hingga Rp 40 juta, tergantung kerusakan yang dialami. Saat ini kata Sutopo, pihaknya masih melakukan pendataan rumah yang rusak akibat gempa Rp 6,5 SR itu.

"Untuk bantuan bagi sejumlah warga, saat ini dilakukan verifikasi dan pendataan terhadap bangunan yang rusak. Karena nanti akan kita hitung berapa rumah yang mengalami rusak berat, rusak sedang dan rusak ringan. Data sementaranya masih ada di sini. Untuk rumah yang rusak berat, nanti pemerintah akan memberikan stimulus 40 juta rupiah. Sedangkan rumah rusak sedang, ringan, dibantu stimulus 20 juta," katanya.

Ia menambahkan, pembangunan kembali rumah-rumah itu nantinya akan menggunakan konstruksi baru yang disiapkan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Dana itu nantinya akan diberikan kepada bupati setempat.

"Konstruksi bangunan nantinya akan mengacu pada kontruksi bangunan yang tahan gempa, seperti yang telah dilakukan di Yogyakarta, Bener Meriah, Aceh, dan lokasi lainnya" ujarnya.

Ralat Data Korban
Sementara itu BNPB meralat jumlah korban tewas akibat gempa di Pidie Jaya, Aceh. Juru bicara BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, dari data yang diterima hingga siang ini, korban tewas mencapai 100 orang. Data sebelumnya disebut korban tewas mencapai 102 orang. Hal itu kata dia, dipastikan setelah pengecekan ulang terhadap jumlah korban. Pihaknya mencatat, saat ini jumlah pengungsi akibat gempa Aceh mencapai 23 ribu.

Kebutuhan pengungsi seperti makanan, minuman, obat, air bersih, sanitasi juga akan dipenuhi. Kata Sutopo, lembaganya bekerja sama dengan Kementerian PUPR, Kementerian Kesehatan, dan Kementerian Sosial untuk memberikan pendampingan kepada Pemda Pidie Jaya, Pidie, dan Bireun.

Editor: Dimas Rizky 

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 14

Kabar Baru Jam 13

Kabar Baru Jam 12

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10