Akhir 2016, BPS Catat Harga Daging Sapi Stabil Tinggi

Harga daging sapi sepanjang bulan Desember ini berkisar Rp110 ribu sampai Rp116 ribu per kilogram.

BERITA | NASIONAL

Kamis, 29 Des 2016 21:01 WIB

Author

Dian Kurniati

Akhir 2016, BPS Catat Harga Daging Sapi Stabil Tinggi

Ilustrasi daging sapi. Foto: Antara

KBR, Jakarta - Badan Pusat Statistik mencatat harga daging sapi sepanjang tahun 2016 stabil tinggi. Deputi Bidang Distribusi Statistik dan Jasa, Sasmito Hadi Wibowo mengatakan, harga daging sapi sepanjang bulan Desember ini berkisar Rp110 ribu sampai Rp116 ribu per kilogram.

Meski begitu, kata dia, harga tersebut hanya terjadi pada daging tanpa campuran lemak, sementara jenis daging lainnya mulai menurun.

"Harga daging sapi, kalau kita lihat, terjadi perubahan harga bulan ke bulan, month to month fluktuasi harga daging sapi semakin mengecil. Artinya, semakin stabil. Kemudian secara year on year atau tahun ke tahun. Kita lihat bulan-bulan terakhir turun drastis dari bulan sebelumnya. Itu menunjukkan pengendalian harga di sapi berjalan efektif, meski saat ini masih stabil tinggi pada harga daging kualitas rendang," kata Sasmito di kantornya, Kamis (29/12/16).

Sasmito mengatakan, untuk memenuhi kebutuhan daging, masyarakat memang memiliki banyak pilihan tergantung jenis dan harganya. Kata dia, itu merupakan hal yang biasa. Pasalnya, menurut dia, pemerintah sudah berusaha menurunkan harga daging dengan mengimpor daging sapi beku dan sapi bakalan.

Menurut dia, lembaganya hanya mencatat harga daging tanpa lemak, atau yang biasa digunaan untuk masakan rendang. Sementara itu, harga daging jenis lainnya, yang biasanya terdapat lemak, tidak ikut dicatat. Meski begitu, Sasmito berkata, harga daging berlemak tinggi atau tetelan, kini bisa dijual dengan harga Rp70 ribu per kilogram. 


Editor: Sasmito

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Rangkuman Berita Sepekan KBR

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18