Uji Capem KPK, Johan Budi Menolak Dibilang Lemah

"Saya tidak tahu kenapa rasa tanggung jawab ini dinilai pak Nasir sebagai kelemahan"

BERITA | NASIONAL

Senin, 14 Des 2015 21:41 WIB

Author

Rio Tuasikal

Uji Capem KPK, Johan Budi Menolak Dibilang Lemah

Calon Pemimpin KPK Johan Budi (foto: KBR/Wydia A.)

KBR, Jakarta - Calon Pemimpin KPK, Johan Budi, menolak dibilang lemah ketika meninggalkan jabatannya di beberapa kesempatan. Hal itu dia sampaikan dalam uji kelayakan dan kepatutan Capim KPK, di Komisi III, Senin (14/12/2015) malam.

Johan menanggapi pertanyaan Anggota komisi III Nasir Djamil yang menganggap pelepasan jabatan adalah bentuk kelemahan. Namun, kata Johan, hal itu adalah bentuk tanggung jawabnya. Baik selama dia bekerja untuk Tempo dan sebagai Plt Pimpinan KPK.

"Saya tidak tahu kenapa rasa tanggung jawab ini dinilai pak Nasir sebagai kelemahan. Saya tidak tahu mengukur kelemahan dari sisi yang mana. Itu solidaritas dan tanggung jawab saya selaku kepala bidang,"  ujar Calon Pemimpin KPK, Johan Budi kepada KBR, Senin (14/12).

Johan melanjutkan. "Termasuk juga ketika Novel Baswedan akan ditahan. Sayalah pimpinan yang kemudian konpers, mengatakan bahwa kalau Novel ditahan saya mengundurkan diri. Saya serahkan mandat ini ke presiden.  Ini kalau dianggap kelemahan, saya tidak tahu."

Calon Pimpinan KPK, Johan Budi, juga menyatakan KPK ke depan harus fokus pada kepentingan nasional. Salah satunya adalah pemberantasan korupsi di bidang sumber daya alam.

Hari ini pelaksana tugas Pemimpin KPP Johan Budi  menjalani uji kelayakan dan kepatutan di DPR. Selain Johan, DPR juga menguji Sujanarko, Alexander Marwata, dan Saut Situmorang. Empat calon lain akan dites esok.


Editor: Rony Sitanggang

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 13

Kabar Baru Jam 12

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Korea Utara Melarang Kedatangan Turis Mancanegara Demi Melindungi Penduduknya Dari Virus Corona