BERITA

MK Dorong Pembentukan Sekretariat Bersama MK Se-Asia

" Ketua MK, Arief Hidayat mengatakan saat ini MK menjabat sebagai Presiden Association of Asian Contitutional Court and equivalent Institusion AACC. "

MK Dorong Pembentukan Sekretariat Bersama MK Se-Asia
Gedung Mahkamah Konstitusi.

KBR, Jakarta- Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia MKRI tengah mengusuklan Indonesia menjadi Sekretariat bersama lembaga MK dan sejenisnya se-ASIA. Ketua MK, Arief Hidayat mengatakan saat ini MK menjabat sebagai Presiden Association of Asian Contitutional Court and equivalent Institusion AACC. Tahun depan, pada kongres AACC ketiga, MKRI akan mengkampanyekan peningkatan penegakan HAM dan konstitusionalime internasional.

"Mahkamah Konstitusi RI sedang berinisiatif dan berjuang untuk mengoalkan MKRI sebagai sekretariat bersama untuk Sekjennya. Kita punya sekretariat ASEAN. Kita harapkan MKRI juga bisa menjadi tempat sekretariat bersama MK dan lembaga sejenis di tingkat ASIA." kata Ketua MK, Arief Hidayat, Rabu (30/12/2015) 

MKRI adalah salah satu inisiator sekaligus deklarator Asosiasi MK se-Asia atau AACC. AACC didirikan pada 2010 di gedung MKRI melalui Deklarasi Jakarta. Saat kongres kedua  yang diselenggarakan di
Istanbul Turki tahun lalu, MKRI terpilih menjadi Presiden AACC periode 2014-2015. 

Editor: Malika

  • Mahkamah Konstitusi
  • Ketua MK
  • Arief Hidayat

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!