BERITA

Jawa Barat Paling Banyak Berangkatkan TKI ke Timur Tengah Saat Moratorium

"Diantaranya Cianjur dan Sukabumi. "

Ilustrasi TKI
Ilustrasi TKI

KBR,Jakarta- Jawa Barat menjadi daerah yang banyak memberangkatkan TKI secara ilegal ke Timur Tengah, saat pemberlakuan moratorium pengiriman TKI. Menurut Analis Kebijakan LSM Migrant Care, Wahyu Susilo, daerah seperti Cianjur, dan Sukabumi masih menjadi wilayah terbesar yang warganya berangkat menjadi TKI ke Timur Tengah.

"Kalau temuan kita banyak dari Jabar, dari Cianjur, Sukabumi, karena wilayah itu jadi kantong buruh migran yang berangkat ke saudi arabia dan timur tengah yang lain."


Analis kebijakan LSM Migrant Care Wahyu Susilo menambahkan, banyak pekerja migran memanfaatkan calling visa yang diberikan pemerintah Arab Saudi untuk bekerja kembali ke negara kaya minyak itu. Akibatnya, gelombang keberangkatan pekerja informal masih tinggi.

Padahal pemerintah sudah memberlakukan moratorium atau penghentian sementara pengiriman TKI ke Timur Tengah termasuk Arab Saudi. Moratorium diberlakukan karena belum adanya jaminan keamanan dan keselamatan TKI yang bekerja di Timur Tengah dari ancaman kekerasan maupun pemenuhan hak-hak buruh. 

  • Moratorium TKI
  • TKI Ilegal
  • TKI Timur Tengah

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!