Ini Modus yang Digunakan TKI Informal untuk Bekerja di Negara yang Masuk Moratorium

Agen penyalur tenaga kerja asing di luar negeri bekerjasama dengan agen yang berada di negara-negara yang dimoratorium di Timur Tengah.

BERITA | NASIONAL | NASIONAL

Jumat, 25 Des 2015 14:33 WIB

Author

Erric Permana

Ilustrasi TKI

Ilustrasi TKI

KBR,Jakarta- Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) menyebutkan ada sejumlah modus yang digunakan TKI informal untuk bekerja di Arab Saudi.

Deputi Penempatan BNP2TKI, Agusdin Subiantoro mengatakan salah satu modusnya Agen penyalur tenaga kerja asing di luar negeri bekerjasama dengan agen yang berada di negara-negara yang dimoratorium di timur tengah. Selain itu biasanya TKI informal menggunakan visa kunjungan agar bisa berkunjung ke negara yang masuk dalam daftar moratorium TKI informal.

"Ada kasus-kasus terhadap orang yang sudah ditempatkan di Uni Emirat Arab, kemudian dia dipindahkan ke negara lain oleh agensi setempat yang berhubungan dengan agensi di negara penempatan baru," ujar Agusdin saat berbincang di Program KBR Pagi.

Deputi Penempatan BNP2TKI, Agusdin Subiantoro mengatakan untuk mencegah hal tersebut pihaknya melakukan penjagaan di pintu masuk bandara menuju pesawat. Menurut dia, petugas jaga tersebut nantinya akan menentukan dan mengawasi TKI informal yang berencana bekerja di negara yang masuk dalam daftar moratorium. 

Editor: Citra Dyah Prastuti 

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 17

Foto Ikatan Besar Mahasiswa UI Tidak Akui Jokowi - Ma'ruf Hoaks

Jokowi Didesak Tuntaskan Kasus Pelanggaran HAM di Periode Kedua

Kanker Payudara dan Tubuh Perempuan

Kabar Baru Jam 15