HEADLINE

ICW: Ruki Gagal Selamatkan KPK

ICW: Ruki Gagal Selamatkan KPK
Plt. Ketua KPK, Taufiequrachman Ruki

KBR, Jakarta - LSM antikorupsi ICW menilai Pelaksana tugas Ketua KPK Taufiequrahman Ruki gagal menyelamatkan lembaga anti-rasuah itu. "Pak Ruki cuma meredam saja," ujar Peneliti ICW, Aradilla Caesar beralasan, di kantor ICW, Jakarta, Minggu (6/12/2015).

Dia menilai, Ruki gagal memenuhi janji yang dia sebutkan di awal masa kepemimpinannya, yakni meredakan ketegangan antara KPK dengan Kepolisian.


"Pak Ruki ini cuma pereda rasa sakit dan nyeri. Seperti kalau kita sudah operasi kita dikasih obat penghilang nyeri, tapi tidak menyelesaikan penyakitnya sama sekali," imbuhnya.


Aradilla Caesar mengungkapkan 5 alasan kegagalan Ruki lainnya, yakni gagal menyelamatkan penyidik KPK, Novel Baswedan dari jerat kriminasliasi, gagal melanjutkan kasus rekening gendut Wakapolri Budi Gunawan dan juga memasukkan banyak polisi ke KPK. Selain itu, Ruki juga mendukung revisi UU KPK dan tidak menindak kasus yang melibatkan Kepolisian.


Ruki ditunjuk sebagai Plt Ketua KPK Februari lalu setelah Abraham Samad dan Bambang WIdjojanto diperkarakan Kepolisian. Dalam Perppu, Ruki akan menjabat sampai 16 Desember 2015. 

  • lsm antikorupsi
  • KPK
  • ICW
  • Novel Baswedan
  • kriminalisasi

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!