Antisipasi Macet Parah, Jasa Marga Siap Buka Gerbang E-Toll

Gerbang tol otomatis yang akan dibuka berada di gerbang tol Cikunir, sehingga mempercepat akses masuk pengguna jalan ke tol dalam kota.

BERITA | NASIONAL

Senin, 28 Des 2015 11:36 WIB

Author

Yudi Rachman

Antisipasi Macet Parah, Jasa Marga Siap Buka Gerbang E-Toll

Ilustrasi. Kemacetan di ruas tol. Foto: Antara

KBR, Jakarta- Jasa Marga akan membuka gerbang tol otomatis atau gerbang E-toll apabila kondisi arus balik mengalami kemacetan parah. Menurut Juru bicara Jasa Marga Wasta Guadi, pembukaan gerbang otomatis disesuaikan dengan kondisi kemacetan yang terjadi pada arus balik. Kata dia, gerbang tol otomatis yang akan dibuka berada di gerbang tol Cikunir, sehingga mempercepat akses masuk pengguna jalan ke tol dalam kota. 

"GTO (Gerbang Tol Otomatis) E tol itu adanya di Cikunir jadi kalau arus balik dari Cikampek ke Jakarta, pengguna jalan yang mau masuk JORR di gerbang tol Cikunir itu ada 4 titik GTO. Itu nanti situasional saja, kalau macetnya sudah sangat parah, itu nanti salah satu upaya kita dengan membuka GTO itu sebagai alternatif agar pengguna jalan tol tidak lama terjebak," jelas Juru bicara Jasa Marga Wasta Guadi kepada KBR, Minggu (27/12/2015) 

Juru bicara Jasa Marga Wasta Guadi menambahkan, pihaknya terus memantau kondisi arus balik yang terjadi. Dia juga meminta masyarakat tidak memaksakan diri memasuki ruas tol apabila kondisi di ruas tol mengalami kemacetan parah. Kata dia, Jasa Marga sudah menyiapkan layanan informasi bagi pengguna jalan yang akan memasuki ruas tol untuk menghindari penumpukan kendaraan. 

Arus lalu lintas di tol Cikampek arah Jakarta padat pasca liburan Natal, Minggu, 27 Desember 2015. Kepadatan arus kendaraan mulai terpantau di gerbang tol Cikarang. 

Sementara itu menurut Kepala Subdirektorat Pendidikan dan Rekayasa Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Ipung Purnomo, Polisi sudah melakukan langkah antisipasi, diantaranya dengan memberlakukan contra flow dan pengaturan arus di gerbang tol. Selain itu, pengaturan juga dilakukan di tempat peristirahat agar tidak terjadi penumpukan kendaraan yang dapat menyebabkan kemacetan.

"Berkoordinasi sudah dengan jajaran Dinas Perhubungan dan Jasa Marga untuk mengantisipasi titik-titik yang menjadi kepadatan seperti rest area, gerbang pintu tol masuk dan keluar sudah kita antisipasi. Terpenting sekarang ini, meskipun terjadi kepadatan, namun masih lancar," jelas Ipung Purnomo kepada KBR, Minggu (27/12/2015) 

Editor: Sasmito

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17

Bekas Napi Koruptor Harus Jeda Lima Tahun Sebelum Maju di Pilkada