BERITA

Tiga Prinsip Hidup Gus Dur

KH Abdurrahman Wahid alias Gus Dur. Foto: Antara

KBR, Jakarta - Bekas  Ketua DPP PKB, Hermawi Taslim selama 10 tahun terakhir berada di lingkaran terdekat dengan Gus Dur. Ia menyebutkan tiga prinsip hidup Gus Dur yang selalu disampaikan kepada orang-orang terdekatnya. 

Pertama, selalu berpihak kepada yang lemah. 

Kedua, anti-diskriminasi dalam bentuk apa pun. 

Ketiga, tidak pernah membenci orang, sekalipun disakiti. 

Gus Dur adalah salah tokoh bangsa yang berjuang paling depan melawan radikalisme agama. Ketika radikalisme agama sedang kencang bertiup, Gus Dur menantangnya dengan berani. 

Dia bahkan mempersiapkan pasukan sendiri bila harus berhadapan melawan kekerasan yang dipicu agama. Gus Dur menentang semua kekerasan yang mengatasnamakan agama. Berikut salah satu prinsip hidup Gus Dur yang ia tuangkan dalam ceramah di Singosari, Malang.


Serial tulisan terkait Gus Dur ini kami turunkan dalam rangka peringatan enam tahun meninggalnya tokoh toleransi Indonesia. Selain tulisan, kami juga menyajikan kutipan-kutipan menarik dari Gus Dur. 

  • gusdur

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!