Singapura, Malaysia, Australia Siap Bantu Indonesia Cari Pesawat QZ8501

Sampaikan duka mendalam dan tawarkan bantuan pencarian.

NASIONAL

Minggu, 28 Des 2014 15:24 WIB

Author

Citra Dyah Prastuti

Singapura, Malaysia, Australia Siap Bantu Indonesia Cari Pesawat QZ8501

QZ8501, Air Asia, pesawat hilang

KBR – Pesawat dan kapal laut militer Singapura telah disiagakan untuk membantu pencarian pesawat Air Asia nomor pesawat QZ8501 yang hilang kontak pukul 7.55 WIB, hari Minggu (28/12/2014). 


Menteri Pertahanan Singapura Ng Eng Hen dalam akun Facebooknya menyatakan kalau militer Singapura menyiapkan pesawat berjenis Hercules C130 dan kapal milik Angkatan Laut negara tersebut. Ia juga mengaku sudah berbicara dan berkoordinasi dengan Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu. Perdana Menteri Singapura juga menyampaikan kesiapannya membantu otoritas Indonesia dalam mencari pesawat tersebut. 


Selain itu, Changi Airport Group Crisis Management Centers juga telah diaktifkan. Seperti dikutip dari The Star, ada ruang tunggu dengan seluruh fasilitas pendukung telah disiapkan untuk para keluarga di Bandara Changi Terminal 2 (lantai 3).


Dukungan juga datang dari Malaysia. Perdana Menteri Malaysia Najib Razak mencuit di akun Twitter @NajibRazak pernyataan duka citanya. Ia menulis: “Sangat sedih mendengar hilangnya pesawat Air Asia QZ8501. Duka mendalam untuk keluarga. Malaysia siap membantu.” 


Di dalam pesawat Air Asia QZ8501 yang hilang kontak tersebut terdapat satu penumpang Malaysia. 


Dari Australia, Menteri Luar Negeri Julie Bishop mengaku sudah menjalin kontak pribadi lewat telfon dengan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi begitu mendengar insiden hilang kontaknya pesawat Air Asia QZ8501 ini. 


“Saya menyatakan duka mendalam terhadap para penumpang dan kru pesawat. Kami berharap semua selamat.”


Australia juga menawarkan bantuan pencarian pesawat yang hilang kontak tersebut. “Kami sudah menawarkan bantuan kepada Pemerintah Indonesia secara khusus. Kami menunggu jawaban dari Pemerintah Indonesia, tapi yang saya tahu operasi pencarian sudah dilakukan.”


Pesawat Air Asia QZ8501 hilang kontak pada hari Minggu (28/12/2014) setelah lepas landas dari bandara internasional Juanda di Surabaya. Pesawat hendak menuju ke Singapura dengan 155 penumpang dan 7 kru pesawat. 


(Sumber: Sydney Morning Herald, The Star, Straits Times) 


Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 14

Kabar Baru Jam 13

Kabar Baru Jam 12

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru jam 10