Siapa Mau Beasiswa Doktor Kemenag?

KBR, Jakarta - Kementerian Agama (Kemenag) meluncurkan Program 5.000 Doktor Islam. Program tersebut merupakan program pemberian beasiswa pada pelajar Islam.

NASIONAL

Jumat, 19 Des 2014 16:25 WIB

Author

Abu Pane

Siapa Mau Beasiswa Doktor Kemenag?

beasiswa, kementerian agama, islam

KBR, Jakarta - Kementerian Agama (Kemenag) meluncurkan Program 5.000 Doktor Islam. Program tersebut merupakan program pemberian beasiswa untuk pelajar Islam.

Beasiswa ini diberikan untuk mereka yang ingin melanjutkan pendidikan Program Doktor Ilmu Islam pada perguran tinggi di dalam dan luar negeri. Menteri Agama Lukman Hakim mengatakan program tersebut merupakan tahap awal dalam mewujudkan Indonesia sebagai pusat studi Islam.

"Perguruan Tinggi Islam (di Indonesia) telah mencapai 693 lembaga. Besarnya jumlah ini menunjukkan partisipasi masyarakat muslim dalam pendidikan di Indonesia memang dibutuhkan. Kami mencanangkan Indonesia sebagai kiblat pendidikan Islam dunia. Selama lima tahun mendatang kami berharap akan lahir 5.000 doktor pengembangan Islam di Indonesia," ujar Lukman di Jakarta, (19/12).

Peluncuran Program Lima Ribu Doktor sendiri diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara Jakarta. Selain itu Jokowi juga meresmikan perubahan status sembilan Sekolah Tinggi Islam Negeri (STIN) menjadi Institut Agama Islam Negeri (IAIN).

Yang diresmikan menjadi IAIN di antaranya IAIN Samarinda, Palangkaraya, Kendari, Manado dan Jember. Selain itu Jokowi juga meresmikan perubahan status 3 IAIN menjadi Universitas Islam Negeri (UIN). Yakni UIN Semarang, Palembang dan Sumatera Utara.

Editor: Pebriansyah Ariefana

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Pandemi dan Dampak Pada Kesehatan Mental Siswa

Kabar Baru Jam 7

Kabar Baru Jam 8

Menanti Perhatian pada Kesehatan Mental Pelajar

Kabar Baru Jam 10