NASIONAL

Politisi PDIP Minta Polisi Bentuk Biro Khusus Kasus PRT

Politisi PDIP Minta Polisi Bentuk Biro Khusus Kasus PRT

KBR - Politisi PDI Perjuangan Rieke Diah Pitaloka mendesak dibentuknya biro khusus di kepolisian yang menangani kasus kekerasan terhadap pekerja rumah tangga. Kata dia, aparat keamanan seharusnya aktif mengungkap kasus-kasus kekerasan PRT seperti yang terjadi di Medan.

Rieke mengatakan, banyak modus yang dilakukan oknum agen tenaga kerja yang bisa dilacak oleh kepolisian, seperti pemalsuan dokumen.

"Mendorong ada semacam divisi atau biro khusus di kepolisian yang menangani masalah buruh dan TKI termasuk masalah kekerasan yang menimpa PRT. Karena bukan hanya TKI, tetapi dengan adanya kasus PRT ini, seringkali juga ini sebuah jejaring perdagangan manusia di dalam negeri itu sendiri" kata Rieke Diah Pitaloka dalam teleconference dengan JALA PRT di LBH Jakarta, (12/14).

Sebelumnya, kasus penganiayaan terhadap PRT terjadi di Medan, Sumatera Utara. Tersangkanya agen tenaga kerja Syamsul Anwar, beserta enam keluarga dan kerabatnya. Tiga PRT berhasil diselamatkan dengan kondisi mengenaskan. Sementara dua jenazah PRT lain ditemukan di tempat terpisah. Kepolisian baru-baru ini menemukan tulang belulang di tiga lokasi di rumah tersangka.
 
Editor: Nanda Hidayat

  • prt
  • dpip
  • biro khusus

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!