NASIONAL

Penenggelaman Kapal Asing Dilakukan Pekan Ini

"Kementerian Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Kemenkopolhukam) memastikan kapal asing yang menangkap ikan secara ilegal di Indonesia akan ditenggelamkan mulai Sabtu (6/12)."

Abu Pane

Penenggelaman Kapal Asing Dilakukan Pekan Ini
jokowi, kapal asing, pencurian ikan

KBR,Jakarta - Kementerian Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Kemenkopolhukam) memastikan kapal asing yang menangkap ikan secara ilegal di Indonesia akan ditenggelamkan mulai Sabtu (6/12). 


Menkopolhukam Tedjo Edhy Purdijatno mengatakan tiga kapal sudah siap ditenggelamkan di Perairan Palmatak, Natuna. Ia mengatakan ketiga kapal tersebut sudah diproses hukum.


"Ya sudah, mereka kan sudah melalui proses hukum. Sudah jelas kapalnya bisa diserahkan ke negara, disita atau dimusnahkan. Ya ditembak atau bagaimana itu teknislah. Dibakar juga boleh seperti di Australia,” kata Tedjo di Jakarta, Kamis (4/12).


“Ada banyak cara untuk melaksanakan itu. Tenggelam ya ke bawah jadi rumpon. Rangka kapal itu di bawah jadi rumpon, tempatnya ikan di sana. Ada area yang kita buat untuk tempat rumpon, lokasi penangkapan ikan.” 


Tedjo Edhy Purdijatno menambahkan, penenggelaman kapal dilakukan guna memberantas penangkap ikan secara ilegal di Indonesia. Pemerintah sendiri sudah menyiapkan anggaran BBM untuk kegiatan operasi kapal asing di Indonesia. Lebih dari 70 kapal sudah disiapkan untuk menangkap kapal asing. 


Sebelumnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan lebih dari 5.000 kapal asing menangkap ikan secara ilegal di Indonesia. Hingga saat ini lebih dari 200 kapal asing sudah ditangkap.


Editor: Antonius Eko 


  • jokowi
  • kapal asing
  • pencurian ikan

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!