NASIONAL

Pemerintah Pangkas Anggaran Subsidi di APBN-P 2015 Hingga 50 Persen

Pemerintah Pangkas Anggaran Subsidi di APBN-P 2015 Hingga 50 Persen

KBR, Jakarta - Kementerian Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) menyatakan anggaran subsidi BBM dalam APBN Perubahan 2015 telah dipangkas menjadi Rp 136,5 trilliun. Awalnya anggaran subsidi BBM dalam APBN 2015 mencapai Rp 276 trilliun.

Namun anggaran tersebut dipangkas hingga 50 persen untuk biaya pembangunan infrastruktur. Menteri Bappenas Andrinof Chaniago mengatakan Pemerintah akan habis-habisan membangun waduk, irigasi dan lainnya.

"Tadi berapa di APBN induk terus diubah dan memang berubah subsidinya. Itu 50 persen ada kali. Banyak sekali. Malah kita habis-habisan untuk membangun irigasi, lapangan pertanian, peningkatan produksi pangan dan maritim. Kebanyakan untuk maritim dan perhubungan," ujar Andrinof di Jakarta, Selasa (30/12).

Sebelumnya Menteri Energi Sumber Daya dan Mineral (ESDM) Sudirman Said mengatakan, Pemerintah telah menetapkan subsidi tetap untuk BBM. Dengan begitu harga BBM bisa berubah tiap bulan mulai Januari mendatang.

Menurut Sudirman, harga patokan penjualan akan dikeluarkan tiap bulan. Hal tersebut dilakukan agar persaingan bisnis BBM sehat. Harga baru BBM sendiri akan diumumkan besok.

Editor: Pebriansyah Ariefana

  • jokowi
  • BBM
  • naik
  • premium

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!