Menkeu: Melemahnya Rupiah Terhadap Dolar Hanya Sementara

Pemerintah memastikan melemahnya nilai tukar Rupiah terhadap Dolar saat ini hanya bersifat kontemporer atau sementara.

NASIONAL

Selasa, 16 Des 2014 15:45 WIB

Author

Ade Irmansyah

Menkeu: Melemahnya Rupiah Terhadap Dolar Hanya Sementara

rupiah, dolar

KBR, Jakarta - Pemerintah memastikan melemahnya nilai tukar Rupiah terhadap Dolar saat ini hanya bersifat kontemporer atau sementara. 


Menteri Keuangan, Bambang Brodjonegoro mengatakan, kondisi ini kerap terjadi di bulan terakhir setiap tahunnya. Kata dia, ada dua penyebabnya, yaitu kondis eksternal soal rencana Amerika Serikat yang bakal menaikan Policy Ratenya pada awal tahun 2015 nanti. Kata dia, hal ini mengakibatkan Dolar menguat pada hampir semua mata uang. 


Yang kedua kata dia, adalah kondisi internal divisit transaksi berjalan Indonesia yang masih cukup besar yaitu 3 persen pada triwulan 2014 ini.


“Adalagi faktor-faktor yang sifatnya seasonal, yang kemudian terjadi pada hari-hari belakang ini. Pertama adalah nilai tukar dolar itu menguat hampir pada semua mata uang di dunia, jadi ini suatu gejala global. Kedua, dari pasar domestiknya, ini ada faktor musiman memang terjadi permintaan dolar di akhir tahun yang dilakukan perusahaan untuk membayar utang dan penutupan buku akhir tahun,” ujarnya kepada wartawan, Selasa (16/12). 


Bambang Brodjonegoro menambahkan, pemerintah tengah berkoordinasi dengan lembaga terkait seperti Bank Indonesia dan OJK untuk mengantisipasi pelemahan yang semakin parah. 


Sebelumnya, nilai tukar Rupiah terhadap Dolar Amerikat Serikat (AS) makin merosot pada perdagangan Selasa pagi 16 Desember 2014. Berdasarkan data Bloomberg, posisi Rupiah kembali terdepresiasi sekitar 1,4 persen terhadap Dolar di kisaran 12.893 pada pagi ini dari penutupan kemarin di kisaran 12.713 per dolar AS. 


Sementara itu, berdasarkan data RTI, posisi Dolar terhadap Rupiah di kisaran 12.911. Pukul 09.14 WIB, nilai tukar Rupiah terhadap Dolar mulai naik terbatas dengan sentuh level 12.892.‎


Editor: Antonius Eko 

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17

Polisi Sebut Pelaku Bom Bunuh Diri di Polrestabes Medan Beraksi Sendiri