NASIONAL

Masyarakat Dihimbau Waspadai Potensi Banjir Lahar Dingin Gunung Gamalama

Masyarakat Dihimbau Waspadai Potensi Banjir Lahar Dingin Gunung Gamalama

KBR, Jakarta - Masyarakat dihimbau waspada terhadap potensi banjir lahar dingin dari puncak Gunung Gamalama, Maluku Utara. Jika hujan turun dengan intensitas lama, akan berpotensi menyebabkan banir lahar dingin.

Pengamat Gunung Gamalama, Darno Lamane khawatir jika terjadi hujan deras bakal terjadi bencana lahar dingin. Meski hari ini turun hujan, menurut Darno intensitas hujan masih kecil.

"Hujan tadi nggak terlalu besar. Mungkin ada banjir lahar dingin tapi masih kecil. Yah kalau hujan cukup deras dan durasinya lama di sekitar puncak Gunung Gamalama yah potensi banjir lahar dinginnya lebih besar," ujar Darno saat dihubungi KBR, Senin (25/12).

Darno Lamane menmabahkan untuk aktivitas Gunung Gamalama saat ini masih terjadi gempa tremor dan mengeluarkan abu vulkanik. Sebelumnya, berdasarkan laporan dari PVMBG Badan Geologi, Gunung Gamalama meletus pada pekan lalu. Tinggi asap mencapai 2 ribuan meter.

Editor: Pebriansyah Ariefana

  • Gamalama
  • gunung

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!