NASIONAL

Korea Selatan Datangkan Pesawat Bantu Cari Air Asia

"KBR, Jakarta - Pesawat Korea Selatan mulai besok akan membantu pencarian pesawat Air Asia. Pilot CN295 Angkatan Laut Trinanda mengatakan mereka baru berkoordinasi dengan tim gabungan hari ini."

Korea Selatan Datangkan Pesawat Bantu Cari Air Asia
air asia, korea selatan

KBR, Jakarta - Pesawat Korea Selatan mulai besok akan membantu pencarian pesawat Air Asia. Pilot CN295 Angkatan Laut Trinanda mengatakan mereka baru berkoordinasi dengan tim gabungan hari ini.

Kata Trinanda, pesawat yang memiliki spesialisasi maritime & surveillance ini nantinya akan dioperasikan oleh 21 awak dari Korea Selatan.

"Seandainya mereka menemukan objek yang ada di laut mereka akan melapor ke Basarnas, Basarnas akan kirim koordinatnya ke kapal AL kita. Mereka gunakan perangkat mereka sendiri. Baru datang tadi jam 6 pagi. Besok kemungkinan diturunkan jam 9 pagi dari Bandara Halim Perdanakusumah," kata Trinanda.

Trinanda menambahkan pesawat yang didatangkan berjenis P3C-ORION yang memiliki infrared dan bisa mendeteksi anomali pergerakan di bawah air. Harapannya, pesawat mereka bisa mendeteksi korban di laut.

Karena pesawat Korsel ini tidak membawa perlengkapan pendeteksi logam untuk menemukan pesawat. Dalam pesawat nahas Air Asia bernomor penerbangan QZ8501 ini terdapat tiga warga negara Korea Selatan.

Dari data yang dipampang di Kantor Basarnas hari ini ada lima pesawat luar negeri yang membantu pencarian. Tiga dari Singapura dan dua pesawat dari Malaysia. Total kekuatan dari Indonesia ada 17 helikopter, 9 pesawat, dan 37 kapal.

Editor: Pebriansyah Ariefana

  • air asia
  • korea selatan

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!