KomnasHAM: Jokowi Tidak Punya Pandangan Jelas Soal HAM

KBR, Jakarta - Presiden Joko Widodo ternyata tidak mempunyai pandangan yang jelas soal penegangan hak asasi manusia. Padahal saat kampanye Presiden di Pemilu 2014, Jokowi umbar janji akan menyelesaikan pemasalahan HAM.

NASIONAL

Selasa, 09 Des 2014 07:50 WIB

Author

Sasmito

KomnasHAM: Jokowi Tidak Punya Pandangan Jelas Soal HAM

KomnasHAM, Jokowi

KBR, Jakarta - Presiden Joko Widodo ternyata tidak mempunyai pandangan yang jelas soal penegangan hak asasi manusia. Padahal saat kampanye Presiden di Pemilu 2014, Jokowi umbar janji akan menyelesaikan pemasalahan HAM.

Hal itu dikatatakan Anggota Komnas HAM Otto Nur Abdullah menanggapi nilai yang diberikan ke Pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla soal penegakan HAM tidak naik signifikan. Secara umum indeks kinerja HAM 2014 menunjukkan peningkatan jika dibandingkan dengan tahun 2013, yakni 2,49 berbanding 2,25.

Angka 2,49 buka angka yang baik dan kondusif bagi pemajuan HAM. Dengan skala 0-7, maka score moderat adalah 4-5. Hasil ini disebabkan karena menteri-menteri yang duduk pada Kementerian yang berhubungan dengan pemajuan HAM dianggap kurang kredibel sehingga dimungkinkan kurang tidak akan membawa kemajuan berarti bagi agenda pemajuan hak asasi manusia.

Menurut Otto, Jokowi perlu membangun negara dengan pondasi HAM. Hanya saja itu sulit dilakukan karena orang di sekitar Jokowi justru diduga kuat sebagai pelanggar HAM.

"Jokowi memang tidak punya pandangan yang jelas soal HAM. Tapi kalau Pak Jokowi ingin hadirkan senegara, negara ini harus digerakkan di atas pondasi HAM," jelas Otto saat dihubungi KBR, Selasa (9/12).

Sertara Institute mengadakan survei persepsi untuk mengukur Indeks Kinerja HAM di Indonesia 2014. Survei dilakukan pada 15-30 November 2014 terhadap 200 responden yang terdiri dari ahli, aktivis HAM, akademisi, tokoh masyarakat dan aparat pemerintah di 19 provinsi. Pengukuran persepsi ini menggunakan angka "0" (performa paling lemah) dan "7" (performa paling kuat).

Ada 8 indikator dalam pengukuran Indeks Kinerja HAM ini, yakni penyelesaian pelanggaran HAM masa lalu, kebebasan berekspresi, kebebasan beragama, RANHAM dan kinerja lembaga HAM, rasa aman warga dan perlindungan warga negara, penghapusan hukuman mati, penghapusan diskriminasi serta hak atas ekonomi, sosial dan budaya.

Editor: Pebriansyah Ariefana

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

'Kiat Membuat Quality Time Bareng Keluarga'

Kabar Baru Jam 7

Sekolah Tatap Muka Mesti Diawasi

Kabar Baru Jam 8

Vaksinasi Covid-19 saat Berpuasa