KKP Tak Bisa Periksa Ribuan Kapal Vietnam

KBR, Jakarta

NASIONAL

Sabtu, 27 Des 2014 09:03 WIB

Author

Nurika Manan

KKP Tak Bisa Periksa Ribuan Kapal Vietnam

kapal, vietnam, pencuri ikan, susi pudjiastuti, portalkbr

KBR, JakartaKementerian Kelautan dan Perikanan KKP tak bisa memastikan Kapal Vietnam yang diusir dari Perairan Natuna tak membawa hasil curian ikan dari Laut Indonesia. Ini lantaran, tidak ada pemeriksaan sebelum ribuan kapal itu ke negara asalnya. Staf Ahli soal Penenggelaman Kapal Illegal Fishing KKP Dedi Sutisna beralasan, pengecekan kapal Vietnam satu per satu akan menyita banyak waktu dan biaya.

“Mana ada waktu dan mana ada orang untuk memeriksa satu per satu segitu banyaknya ada 1.928 (kapal). Tapi istilahnya Ibu menteri juga memberikan catatan kepada Vietnam, mengizinkan tapi catatannya tidak boleh ada tangkapan illegal di situ. KKP Tidak bisa memastikan 100 persen mereka mencuri atau tidak, tapi kan setidaknya kalau kesepakatan sesama negara harusnya Vietnam juga ada timbal baliknya,” jelas Dedi kepada KBR.

Pertengahan Desember lalu Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengabulkan permintaan Pemerintah provinsi Ba Rian-Vung Tau, Vietnam terkait izin 1.928 kapal nelayan untuk berlindung di Indonesia atas ancaman badai Hagupit. Ribuan kapal yang dihuni hampir 14 ribu nelayan asal Vietnam itu meminta izin sementara di perairan Natuna. Izin sementara pun dikeluarkan Kementerian Kelautan dan Perikanan selama satu hingga dua pekan.

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17

Pemerintah Didesak Cabut Izin Perusahaan Pembakar Lahan