NASIONAL

Kemenlu: 33 WNI Di Kapal Oryong yang Tenggelam Belum Ditemukan

"Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) menyatakan 33 warga negara Indonesia (WNI) yang tenggelam bersama Kapal Oryong asal Korea Selatan (Korsel) di perairan Rusia belum ditemukan."

Abu Pane

Kemenlu: 33 WNI Di Kapal Oryong yang Tenggelam Belum Ditemukan
wni, kapal tenggelam, korsel

KBR, Jakarta - Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) menyatakan 33 warga negara Indonesia (WNI) yang tenggelam bersama Kapal Oryong asal Korea Selatan (Korsel) di perairan Rusia belum ditemukan. 


Menlu Retno LP Marsudi mengatakan, hingga saat ini baru tiga WNI yang berhasil diselamatkan. Namun Kemenlu belum mengetahui kondisi terkini tiga WNI tersebut. Meski begitu, Kemenlu mengklaim terus mencari informasi semua WNI yang tenggelam.


"Komunikasi yang berusaha kita bangun adalah dengan tim kita di Seoul dan Moskow yang sudah menuju lokasi. Dan juga sekarang di sini kita mengembakan komunikasi dengan Imigrasi dan lainnya,” ujar Retno di Jakarta, Selasa (2/12).


“Jadi kita sudah melakukan apa yang sudah kita lakukan, plus kita sudah men-set up Hot Line. Hot Line di Direktorat Perlindungan WNI, Moskow, Seoul. Mudah-mudahan ini membantu keluarga (korban) mendapat informasi.” 


Retno Marsudi menambahkan, pihaknya juga belum mengetahui pekerjaan 33 WNI yang berada di Kapal Oryong yang tenggelam di Rusia. Oleh karena itu ia tidak dapat memastikan benar tidaknya 33 WNI tersebut adalah anak buah kapal. 


Selain itu, ia juga mengatakan proses evakuasi korban terkendala cuaca yang buruk. Total penumpang Kapal Oryong sendiri 60 orang. Selain mengakut WNI, kapal itu juga mengangkut warga Filipina, Korea Selatan dan Rusia.


Editor: Antonius Eko 

  • wni
  • kapal tenggelam
  • korsel

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!