Kapal Vietnam yang Bertahan di Natuna akan Ditenggelamkan

KBR, Jakarta

NASIONAL

Jumat, 26 Des 2014 17:15 WIB

Author

Nurika Manan

Kapal Vietnam yang Bertahan di Natuna akan Ditenggelamkan

vietnam, indonesia, menteri susi

KBR, Jakarta – Kementerian Kelautan dan Perikanan mengancam bakal menenggelamkan Kapal Vietnam yang masih bertahan di Perairan Natuna. Sebab, kapal tersebut melanggar 3 aturan kelautan Indonesia.

Staf Ahli soal Penenggelaman Kapal Illegal Fishing KKP Dedi Sutisna mengatakan saat ini ribuan Kapal Vietnam sudah dalam proses perjalanan pulang ke negara asalnya.

“Ini sedang menuju pulang ke Vietnam (kapal-kapal) itu. (Pak, kalau masih ada kapal yang membandel bagaimana?) Kalau membandel, itu kan berarti mereka sudah tiga kali membandel. Artinya tiga kesalahan terjadi. Satu, dia menangkap ikan dengan tidak ada izin. Kedua, dia sudah melanggar kedaulatan Republik Indonesia. Terus yang ketiga, disuruh pulang masih juga membandel sama penanganan. Ya sudah 3 kali berarti itu sudah sewajarnya kalau ditenggelamkan,” kata Dedi kepada KBR, Jumat (26/12).

Pertengahan Desember lalu Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengabulkan permintaan Pemerintah provinsi Ba Rian-Vung Tau, Vietnam terkait izin hampir 2 ribuan kapal nelayan untuk berlindung di Indonesia atas ancaman badai Hagupit.

Ribuan kapal yang dihuni hampir 14 ribu nelayan asal Vietnam itu meminta izin sementara di perairan Natuna. Izin sementara pun dikeluarkan Kementerian Kelautan dan Perikanan selama 1 hingga 2 pekan.

Editor: Pebriansyah Ariefana

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 7

Cerdik Kelola THR

Kabar Baru Jam 8

Soal Kerumunan, Kegiatan Ibadah dan Ancaman Virus Covid-19 Varian Baru

Jihad itu Sebenarnya Apa Sih?