NASIONAL

Cuaca Buruk Hambat Pencarian Kapal Korsel

"Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) menyatakan hingga saat ini proses evakuasi korban tenggelamnya Kapal Oryong Korea Selatan, yang mengangkut 35 WNI dan puluhan warga negara lain, masih terkendala cuaca buruk."

Cuaca Buruk Hambat Pencarian Kapal Korsel
wni, kapal tenggelam, korsel

KBR, Jakarta - Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) menyatakan hingga saat ini proses evakuasi korban tenggelamnya Kapal Oryong Korea Selatan, yang mengangkut 35 WNI dan puluhan warga negara lain, masih terkendala cuaca buruk. 


Menlu Retno Marsudi mengatakan, kapal yang tenggelam di Perairan Rusia itu tidak bisa didekati, sebab ombak mencapai empat meter. Suhu sudah mencapai 19 derajat celcius. Meski begitu, Retno mengklaim tim penyelamat dari Indonesia terus berusaha mendekati lokasi kejadian. 


"Jadi pagi ini kita rapat koordinasi dengan sejumlah instansi terkait. Satu adalah untuk melakukan proses verifikasi dari nama-nama yang ada. Kemudian juga untuk menentukan tindak lanjut kita ke depan. Seperti apa pada saat sudah hasil dari evakuasi," ujar Retno di Jakarta, Rabu (3/12).


Retno Marsudi menambahkan, empat kapal Rusia saat ini sudah membantu proses evakuasi korban tenggelamnya Kapal Oryong Korsel. Sementara Duta Besar Indonesia di Rusia terus mencari informasi terkini. 


Sejauh ini baru tiga WNI yang dinyatakan selamat. Sementara  32 WNI lainnya beserta 25 warga negara lain seperti dari Filipina, Korea Selatan dan Rusia masih dinyatakan hilang. Kapal Oryong Korea Selatan itu tenggelam Senin (1/12) lalu.


Editor: Antonius Eko 

  • wni
  • kapal tenggelam
  • korsel

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!