NASIONAL

Cara Gus Dur Mengelak Dilarang Minum Kopi

Cara Gus Dur Mengelak Dilarang Minum Kopi

KBR, Jakarta - Siapa yang berani melarang dan membatasi keinginan bekas Presiden Abdurrahman Wahid atau Gus Dur? Gus Dur dikenal 'nyeleneh' dan apa adanya, termasuk soal tidak mau dilarang.

Suatu ketika, Gus Dur dilarang untuk mengkonsumsi kopi karena kesehatannya sudah menurun. Keluarga mencari cara agar Gus Dur bisa berhenti minum kopi. Maka itu, saat diskusi dengan siapa pun Gus Dur diberikan minuman yang hanya beraroma kopi.

Namun akhirnya Gus Dur menolak minum minuman beraroma kopi. Aktivis Keberagaman Guntur Romli pernah ngopi bersama Gus Dur.

"Dia kasih kopi yang hanya aroma kopi aja. Setelah di minum, Gus Dur bertanya ini kopi apa Guntur? Itu bukan kopi Gus," kata Guntur mengenang saat-saat bersama Gus Dur seraya tertawa.

Akhirnya Gus Dur meminta Kopi yang sebenarnya. "Kata saya, nggak boleh Gus. 'Ah kata siapa? Kalau satu drum (minum kopi) nggak boleh. Ini kan cuma satu cangkir'. Begitu kata Gusdur," kata Guntur meniru ucapan Gus Dur.

Guntur yang merupakan orang terdekat Gus Dur, mengatakan sosok tokoh besar Nahdalatul Ulama itu memang sulit diatur. Begitu juga keinginannya sulit untuk ditolak.

"Saya sering diajak makan Gus Dur. Soto kudus dan sebagainya. Itu nggak boleh. kan itu jeroan hati dan sebagainya. tapi kata dia itu lebih enak, bagaimana dong. Tetap aja dimakan," kata dia seraya tertawa.

Serial tulisan terkait Gus Dur ini kami turunkan dalam rangka peringatan lima tahun meninggalnya tokoh toleransi Indonesia. Selain tulisan, kami juga menyajikan kutipan-kutipan menarik dari Gus Dur.

  • gusdur
  • negeri kompak

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!