NASIONAL

Bojonegoro Juara IGRA 2014

"KBR, Jakarta - Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur ditetapkan sebagai daerah dengan program lingkungan hidup terbaik versi Indonesia Green Region Awards IGRA 2014."

Aisyah Khairunnisa

Bojonegoro Juara IGRA 2014
IGRA, bojonegoro

KBR, Jakarta - Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur ditetapkan sebagai daerah dengan program lingkungan hidup terbaik versi Indonesia Green Region Awards IGRA 2014.

Ketua Tim Juri IGRA, Yayat Supriatna mengatakan pengharagaan ini diberikan karena Bojonegoro memiliki sejumlah keunggulan program lingkungan. Misalnya 'sodaqoh pohon kehidupan'.

Bupati Bojonegoro, Suyoto mengatakan sejak 2010-2013 telah ditanam sekitar 32 juta pohon di daerahnya. Dengan cara inilah mereka mengikis lahan kritis yang awalnya seluas 30 ribu hektar, kini hanya tersisa sekitar seribu hektar.

Menurut juri Yayat, ada sejumlah tantangan bagi daerah dalam menyelenggarakan program lingkungan hidup. Misalnya program yang hanya berhenti di atas kertas kebijakan. Namun kelanjutan programnya tak dijaga oleh aktor utama, seperti kepala daerah dan masyarakat.

IGRA adalah penghargaan lingkungan hidup pertama yang diberikan oleh media. Yaitu Kantor Berita Radio (KBR) dan SWA kepada daerah yang memiliki tata kelola lingkungan hidup dan hutan terbaik.

Selain Bojonegoro, daerah yang menjadi finalis tata kelola lingkungan hidup terbaik adalah Kab Banyuwangi, Malang, Purbalingga, Gresik. Serta Kota Malang, Langsa, dan Singkawang. Serta untuk kategori kelola hutan terbaik adalah Kab Buleleng, Tabanan, dan Semarang.

Editor: Pebriansyah Ariefana

  • IGRA
  • bojonegoro

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!