NASIONAL

Blusukan ke Subang, Jokowi Beri 1.000 Traktor ke Petani

"KBR, Subang - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengucurkan lebih dari 1.000 traktor untuk 19 kelompok petani di Subang, Jawa Barat. Dengan pengoperasian traktor tersebut, Jokowi berharap hasil padi di Subang meningkat 2 juta ton setiap tahun."

Abu Pane

Blusukan ke Subang, Jokowi Beri 1.000 Traktor ke Petani
Jokowi, petani, subang

KBR, Subang - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengucurkan lebih dari 1.000 traktor untuk 19 kelompok petani di Subang, Jawa Barat. Dengan pengoperasian traktor tersebut, Jokowi berharap hasil padi di Subang meningkat 2 juta ton setiap tahun.

Selain itu untuk menjadikan Subang sebagai lumbung padi nasional. Jokowi bakal merenovasi sejumlah waduk dan irigasi di Subang.

Presiden Joko Widodo dalam lawatannya ke Sumbang, menyempatkan diri untuk berdialog dengan petani. Ia bahkan berjanji mengundang petani untuk berdiskusi soal pertanian di Istana Negara awal 2015 mendatang.

Pemerintah sudah membeli 69 ribu traktor untuk kebutuhan pertanian nasional. Traktor tersebut akan didistribusikan ke kelompok petani yang menyebar di seluruh Indonesia.

Jokowi juga menargetkan Indonesia swasembada beras 3 tahun mendatang. Oleh karena itu ia bakal membangun lebih dari 20 waduk di seluruh Indonesia.  Ratusan irigasi yang rusak di seluruh Indonesia juga akan diperbaiki mulai 2015 mendatang.

Dalam kunjungannya di Subang, Jokowi juga memberi penghargaan Adhikarya Pangan Nusantara pada delapan Gubernur yang dinilai berhasil mewujudkan ketahanan pangan. Delapan Gubernur yang menerima penghargaan di Subang, Jawa Barat.

Di antaranya, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, Gubernur Sumatera Utara Irwan Prayitno, Gubernur Jawa Timur Soekarwo dan Gubernur Jambi Hasan Basri Agus. Usai memberi penghargaan, Jokowi meningatkan agar produksi pertanian terus ditingkatkan. Sebab Pemerintahannya menargetkan swasembada berasa tiga tahun mendatang.

Selain itu Jokowi juga memberi penghargaan pada 10 Kepala Desa yang dinilai berjuang untuk mewujudkan swasembada berasa. Mereka yang menerima penghargaan di antaranya Kepala Desa Sumber Mulyo Bantul, Kepala Desa Mojokrapak Jombang dan Kepala Desa Tulang Bawang Lampung.

Usai memberikan penghargaan, Jokowi langsung meninjau sejumlah irigasi dan waduk di Subang. Peninjauan tersebut menjadi bluskukan pertama Jokowi untuk mewujudkan swasembada beras.

Editor: Pebriansyah Ariefana

  • Jokowi
  • petani
  • subang

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!