NASIONAL

BIN Minta Intel Rusia Selidiki Kapal Tenggelam

"Indonesia meminta intelejen Rusia mencari informasi terperinci tentang tenggelamnya Kapal Oryong Korea Selatan yang mengangkut 35 Warga Negara Indonesia (WNI)."

Abu Pane

BIN Minta Intel Rusia Selidiki Kapal Tenggelam
wni, kapal tenggelam, korsel

KBR, Jakarta – Indonesia meminta intelejen Rusia mencari informasi terperinci tentang tenggelamnya Kapal Oryong Korea Selatan yang mengangkut 35 Warga Negara Indonesia (WNI). 


Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Marciano Norman mengatakan, pihaknya juga sudah meminta dukungan Intelejen Rusia dalam pencarian semua korban. Ia berharap semua WNI bisa diidentifikasi secepatnya.


"Kita membantu dengan mitra kita di Rusia. Minimal informasinya yang diberikan pada kita. Serta upaya-upaya kita lakukan kita mengharapkan dapat dukungan. Masih dalam pendalaman ya, karena itu mengumumkan korban kecelakaan pesawat atau kapal harus melalui tahapan chek and rechek yang benar ya," ujar Marciano di Jakarta, Rabu (3/12).


Sebelumnya Kapal Oryong Korsel tenggelam di Perairan Rusia, Senin (1/12). Selain mengangkut 35 WNI, kapal tersebut juga mengakut 23 warga negara lain seperti dari Filipina, Korsel dan Rusia. Sementara itu Kementerian Luar Negeri menyatakan, tiga WNI dikabarkan selamat. Menlu Retno Marsudi mengatakan pihaknya sudah menghubungi keluarga korban. 


Editor: Antonius Eko 


  • wni
  • kapal tenggelam
  • korsel

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!