15 Lokasi Pengungsian Disiapkan di Erupsi Gamalama

KBR, Jakarta - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Ternate, Maluku Utara menyiapkan 15 lokasi pengungsian untuk mengantisipasi erupsi Gunung Gamalama.

NASIONAL

Minggu, 21 Des 2014 13:07 WIB

Author

Yudi Rachman

15 Lokasi Pengungsian Disiapkan di Erupsi Gamalama

gamalama, gunung, meletus

KBR, Jakarta - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Ternate, Maluku Utara menyiapkan 15 lokasi pengungsian untuk mengantisipasi erupsi Gunung Gamalama. 


Menurut Kepala BPBD Kota Ternate Hasyim Yusuf, lokasi pengungsian disiapkan di Ternate Utara, Selatan dan Tengah serta Pulau Gotitik. Kata dia, koordinasi dengan kepolisian dan TNI terus dilakukan untuk menyiapkan angkutan dan jalur evakuasi apabila erupsi Gunung Gamalama makin meningkat.


"Lokasi pengungsian sudah disiapkan di beberapa titik? Sudah disiapkan 15 titik. Di mana saja titik-titik itu? Di bagian selatan, utara, tengah dan pulau. Kecamatan Ternate Selatan, Tengah, Utara dan Pulau Gotitik," jelas Hasyim Yusuf saat dihubungi KBR, Minggu (21/12).


BPBD Kota Ternate, Maluku Utara membutuhkan 100 ribu lembar masker untuk warga korban erupsi Gunung Gamalama. BPBD hingga kini sudah membagikan sekitar 60 ribu lembar masker kepada masyarakat yang terkena paparan abu vulkanik. Kata dia, kebutuhan masker saat ini sangat mendesak seiring meningkatnya aktivitas vulkanik Gunung Gamalama.


"Untuk kondisi sekarang ini kita membutuhkan masker sekitar 100 ribu lembar, untuk persiapan, bukan kekurangan. Kita punya stok sudah dibagikan itu sekitar 60 ribu lembar sudah dibagikan," jelas Hasyim.


BPBD Ternate belum menerima laporan dari masyarakat yang terluka atau sakit akibat paparan abu vulkanik. Hasyim menambahkan hingga saat ini Gunung Gamalama masih terus mengeluarkan abu vulkanik. 


Kata dia, erupsi yang terjadi sejak kemarin sore hingga malam cukup besar dan abunya kembali menutupi Kota Ternate dan Bandara Sultan Babulah. Hingga kini bandara tertutup abu vulkanik dan tidak bisa digunakan.


Editor: Pebriansyah Ariefana

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Arab Saudi Akan Gratiskan Vaksin Covid-19

Kabar Baru Jam 7

Polemik TNI 'cawe-cawe' Copoti Baliho Rizieq Shihab

Kabar Baru Jam 8

Wagub DKI Ingatkan Sanksi Bagi Penolak Tes Covid-19 di Petamburan