NASIONAL

Petani Korban Banjir di Kebumen Dijanjikan Diberikan Bantuan Benih

"Pemerintah Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah berjanji bakal memberikan ganti rugi lantara rusaknya ribuan hektar lahan pertanian akibat banjir yang melanda wilayah tersebut pekan lalu"

Wiwik Ermawati

Petani Korban Banjir di Kebumen Dijanjikan Diberikan Bantuan Benih
petani, benih, banjir, kebumen

KBR68H, Jakarta - Pemerintah Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah berjanji bakal memberikan ganti rugi lantara rusaknya ribuan hektar lahan pertanian akibat banjir yang melanda wilayah tersebut pekan lalu. Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Budi Satrio mengatakan Dinas Pertanian dan Peternakan setempat  bakal memberikan benih untuk menanam padi yang telah gagal panen. Tapi belum diketahui  besaran jumlah benih yang akan diberikan kepada petani.

“Kita kan ada program rehab rumah yang tidak layak huni, jadi itu didata. (Kerugian sudah dihitung belum pak?), kemarin sih sudah kami hitung, waktu itu kami hitung sekitar Rp 1 milyar, tapi kalau melihat ini ya lebih karena yang kita hitung itu kerugian fasilitas sarana seperti jalan,( yang parah itu apa pak?), saya pikir pertanian,” kata Budi saat dihubungi KBR68H

Dinas Pertanian dan Peternakan Kab Kebumen mencatat luas sawah yang terendam banjir seluas 9000 hektar dengan perkiraan gagal panen hingga 3000-an hektar. Pekan lalu banjir merendam wilayah tersebut. Sekitar, 6000-an warga terisolir akibat terputusnya jalan penguhubung antar desa.


Editor: Taufik Wijaya

  • petani
  • benih
  • banjir
  • kebumen

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!