Kemendag: Konsumen di Indonesia Terlalu Pasrah dan Malas

Kementerian Perdagangan menilai, konsumen di Indonesia terlalu pasrah dan malas mempertahankan haknya atas sebuah transaksi perdagangan. Hal ini terungkap dalam laporan akhir tahun tentang perlindungan konsumen.

NASIONAL

Jumat, 20 Des 2013 21:55 WIB

Author

Khusnuh Khotimah

Kemendag: Konsumen di Indonesia Terlalu Pasrah dan Malas

Kemendag, Konsumen, Pasrah dan Malas

KBR68H, Jakarta - Kementerian Perdagangan menilai, konsumen di Indonesia terlalu pasrah dan malas mempertahankan haknya atas sebuah transaksi perdagangan. Hal ini terungkap dalam laporan akhir tahun tentang perlindungan konsumen.

Dirjen Standardisasi dan Perlindungan Konsumen Kemendag, Widodo menyontohkan, konsumen saat ini tidak pernah meminta hak atas uang kembalian sebesar Rp500. Padahal itu adalah salah satu modus pelaku usaha mengambil keuntungan secara curang.

Itu sebab, Kemendag mendorong para konsumen menjadi cerdas dan tak ragu mempertahankan haknya. Karena ketika konsumen cerdas, secara tidak langsung juga membina pelaku usaha.

“Masalahnya bukan Rp500, tapi 500 kali berapa orang, kali berapa hari, kali berapa bulan, berapa tahun. Berapa itu yang terkumpul dari 500 rupiah. Itu yang terlihat Rp500. Jadi pelaku usaha itu juga jangan sembarangan dalam mencantumkan harga,“ jelas Dirjen Standardisasi dan Perlindungan Konsumen, Widodo dalam diskusi “Kilas Balik Perlidungan Konsumen di Kantor Kementerian Perdagangan", Jumat (20/12).

Selain soal uang kembalian yang banyak dialami konsumen, hal lain yang sering diabaikan adalah label berbahasa Indonesia pada suatu kemasan asal luar negeri. Padahal, label tersebut penting agar konsumen terhindar dari modus penipuan.

Editor: Anto Sidharta

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 13

Kabar Baru Jam 12

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Korea Utara Melarang Kedatangan Turis Mancanegara Demi Melindungi Penduduknya Dari Virus Corona