NASIONAL

Buruh Desak Pemerintah Bentuk Satgas Alihdaya

"KBR68H, Jakarta - Gerakan Bersama Buruh dan Pekerja Badan Usaha Milik Negara (Geber BUMN) kembali menggelar aksi di depan Gedung DPR hingga ke Istana Negara."

Nur Azizah

Buruh Desak Pemerintah Bentuk Satgas Alihdaya
buruh, satgas, alih daya

KBR68H, Jakarta - Gerakan Bersama Buruh dan Pekerja Badan Usaha Milik Negara (Geber BUMN) kembali menggelar aksi di depan Gedung DPR hingga ke Istana Negara. Aksi kali ini mendesak pemerintah untuk segera membentuk Satuan Tugas Alihdaya. Kuasa hukum perwakilan buruh BUMN Maruli mengatakan, adanya Satgas bakal menjadi tolok ukur pelaksanaan rekomendasi Panitia Kerja DPR yang hingga saat ini belum dipatuhi pemerintah.

"Berkumpul jam 10 di TVRI, depan stasiun TVRI. Kemudian nanti jam setengah 11 atau jam 11 bergerak ke DPR RI. Kemudian nanti jam 1 atau 2 bergerak ke Istana negara. Itu rute aksinya. Sebenarnya terkait tuntutan hari ini hampir sama dengan yang lalu lalu, yaitu laksanakan rekomendasi Panja Outsourcing. Yang kemudian fokus hari ini yaitu bentuk Satgas Outsourcing untuk mengontrol dan memastikan bahwa Panja Outsourcing itu dilaksanakan," jelas Maruli saat dihubungi KBR68H.

Kuasa hukum perwakilan buruh BUMN Maruli menambahkan, pihaknya mengusulkan agar satgas terdiri dari anggota Panja, Serikat Buruh BUMN, dan Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi. Geber BUMN menegaskan bakal terus menggelar aksi untuk mendesak pemerintah agar segera melaksanakan rekomendasi Panja DPR.

Sebelumnya, Panitia Kerja Alihdaya Komisi Tenaga Kerja DPR merekomendasikan pengangkatan pekerja alih daya atau outsourcing menjadi pekerja organik atau tetap. Menteri BUMN Dahlan Iskan juga sudah berjanji menjalankan rekomendasi tersebut.

Editor: Doddy Rosadi

  • buruh
  • satgas
  • alih daya

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!