NASIONAL

BMKG: Gelombang Tinggi Ancam Perairan Indonesia

"KBR68H, Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan gelombang tinggi bakal terjadi di beberapa perairan Indonesia."

Novaeny Wulandari

BMKG: Gelombang Tinggi Ancam Perairan Indonesia
Gelombang Tinggi, Perairan Indonesia, BMKG

KBR68H, Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan gelombang tinggi bakal terjadi di beberapa perairan Indonesia. Prakirawan BMKG Agus mengatakan, wilayah tersebut antara lain perairan Jawa, Sumatera, dan Kalimantan dengan tinggi gelombang hingga 3 meter. Kata Agus, pihaknya telah memberikan peringatan dini pada siapa saja yang akan melakukan pelayaran dan penyeberangan.

"Sekitar perairan di wilayah Sumatera dan Jawa serta Kalimantan itu ada sekitar ketinggian 2 hingga 3 meter. Di sekitar Selat Karimata, kemudian di kepulauan Natuna gelombang juga mencapai ketinggian 2 hingga 3 meter. Juga di Laut jawa lalu Kepulauan Bangka Belitung, sekitar wilayah perairan Kalimantan Tengah dan Selatan. Untuk itu kami himbau agar waspada bagi yang menggunakan jasa pelayaran," ujar Agus saat dihubungi KBR68H, Minggu (22/12).

Prakirawan cuaca BMKG Agus.

Data BMKG menyebut gelombang paling tinggi mencapai 4 meter akan terjadi di Selat Bangka Bagian Utara dengan kecepatan angin mencapai 5-10 knot.

Pekan lalu 3 orang wisatawan di Pantai Baron Yogyakarta ditemukan tenggelam akibat gelombang tinggi yang melanda pantai. Untuk itu Dinas Pariwisata Yogyakarta menghimbau agar wisatawan yang ingin berwisata ke pantai lebih berhati-hati.

  • Gelombang Tinggi
  • Perairan Indonesia
  • BMKG

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!