Serikat Pekerja di Samsung Indonesia Dihabisi

Perusahaan elektronik PT Samsung Electronics Indonesia diduga memberhentikan sekira 200 karyawannya.

NASIONAL

Senin, 03 Des 2012 20:01 WIB

Author

Guruh Dwi Riyanto

serikat pekerja, samsung

Perusahaan elektronik PT Samsung Electronics Indonesia diduga memberhentikan sekira 200 karyawannya.

Juru Bicara Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia, Sarinah mengatakan, ratusan pekerja kontrak yang dipecat itu tergabung dalam Serikat Pekerja. Kata dia, perusahaan elektronik raksasa Korea Selatan itu mengintimidasi karyawan tetap anggota serikat agar mengundurkan diri. Akibatnya, Serikat Pekerja itu kehabisan seluruh anggotanya.

"100an PHK masal. Tinggal tersisa 8. 8 ini awalnya di-PHK 3. Keterangan beberapa buruh, mereka dikepung sekitar 100 karyawan dan preman dari luar perusahaan. Pagi ini saya dengar 5 sudah diPHK. Jadi sudah sama sekali tidak ada,” papar Sarinah.

Juru Bicara Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia, Sarinah menambahkan, pengurus Serikat Pekerja juga dipaksa mengundurkan diri karena menjadi menjadi narasumber dalam pemberitaan di sebuah TV swasta.

Awal bulan lalu, sekitar 200 pekerja PT Samsung Electronics Indonesia membentuk serikat pekerja di bawah FSPMI. Mereka memprotes sistem kerja kontrak yang melanggar Undang-Undang Tenaga Kerja.

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 13

Posko Tuk Tampung Aduan Soal Perda Zonasi Pesisir

Kabar Baru Jam 12

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10