NASIONAL

Penambahan Kuota BBM Bersubsidi Diambil dari Kuota 2013

"Pemerintah akan menggunakan sumber anggaran APBN 2013 untuk membiayai penambahan kuota BBM bersubsidi 2012 sebesar 1,2 juta kilo liter. Sesuai hitungan tambahan kuota BBM subsidi itu mencapai Rp 6 triliun rupiah."

Penambahan Kuota BBM Bersubsidi Diambil dari Kuota 2013
bbm subsidi, spbu, langka

Pemerintah akan menggunakan sumber anggaran APBN 2013 untuk membiayai penambahan kuota BBM bersubsidi 2012 sebesar 1,2 juta kilo liter. Sesuai hitungan tambahan kuota BBM subsidi itu mencapai Rp 6 triliun rupiah.

Menteri Keuangan, Agus Martowardojo mengatakan, jatah kuota BBM bersubsidi 2013 yang besarnya 36 juta kilo liter akan dipotong 1,2 juta kilo liter demi memenuhi kekurangan BBM subsidi yang akan habis sebelum akhir tahun. Ia juga menambahkan, dana untuk membeli kekurangan BBM subsidi sebesar Rp 6 triliun itu akan dipinjam dari Pertamina.

"Tidak bisa dibayar jika tidak ada anggarannya. Dan tidak bisa dibayarkan kalau tidak diaudit oleh BPK, tapi kan rakyat memerlukan itu. Jadi itu akan diadakan dan saya dengar menteri ESDM sudah bertemu dengan Komisi VII. Tapi nanti akan dibayarkan di tahun 2013 setelah ada anggarannya,” kata Agus.

Menteri Keuangan, Agus Martowardojo menambahkan, kuota BBM bersubsidi 2013 bisa saja berpotensi jebol kembali. Sebab sudah dikurangi untuk kuota tambahan di tahun ini. Maka itu, tahun depan Kementerian ESDM perlu memikirkan kembali langkah penghematan BBM. Sebelumnya BBM jenis Premium dan Solar diperkirakan habis sebelum akhir tahun. Pemerintah bakal menambah kuotanya sebesar 1,2 juta kilo liter.

  • bbm subsidi
  • spbu
  • langka

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!