NASIONAL

Menyebar Ke Lampung, Pemerintah Gagal Atasi Flu Burung Baru

"Kementerian Peternakan dinilai gagal atasi penyebaran virus H5N1 versi terbaru setelah itik di Lampung ditemukan terinfeksi virus ini."

Menyebar Ke Lampung, Pemerintah Gagal Atasi Flu Burung Baru
Flu Burung baru, Lampung

KBR68H, Jakarta - Kementerian Peternakan dinilai gagal atasi penyebaran virus H5N1 versi terbaru setelah itik di Lampung ditemukan terinfeksi virus ini. Peneliti Virus Flu Burung, Ngurah Kade Mahardika mengatakan, virus flu burung terbaru ini muncul karena pemusnahan gagal.

"Prosedur pemberantasan yang paling bagus sebetulnya, begitu ada kasus, semua hewan dalam radius tertentu, 1-2 km, dimusnahkan untuk turut memusnahkan virus. Karena biaya terlalu tinggi, kemampuan pemerintah tidak ada untuk melakukan itu, begitu virus masuk, akan menyebar ke mana-mana, itu akan sulit ditanggulangi." ujar Ngurah kade

Peneliti Virus Flu Burung Ngurah Kade Mahardika menambahkan, migrasi unggas akibat musim turut mempengaruhi masuknya virus flu burung ke Indonesia.

Sebelumnya, sejumlah kasus flu burung kembali merebak. Virus itu mengakibatkan puluhan ribu itik mati mendadak di Pulau Jawa. Virus yang diberi versi 2.3 telah menyebar ke itik di kawasan Lampung.

  • Flu Burung baru
  • Lampung

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!