NASIONAL

Menkeu: Selama 12 Tahun, Kenaikan PNBP Tidak Optimal

"Menkeu: Selama 12 Tahun, Kenaikan PNBP Tidak Optimal"

Menkeu: Selama 12 Tahun, Kenaikan PNBP Tidak Optimal
PNBP

KBR68H, Jakarta - Kenaikan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) tidak optimal dalam 12 tahun terakhir.

Menteri Keuangan Agus Martowardojo mengatakan, meski ada kenaikan sampai tiga kali lipat, namun Pemerintah mengaku tidak puas. PNPB masih kalah dibanding penerimaan dari pajak yang naiknya lebih dari lima kali lipat.

"Kita mengetahui bahwa penerimaan negara bukan pajak di Indonesia, selama tahun 2001 sampai 2012 itu tetap tumbuh dengan baik. Tetapi tumbuhnya tidak optimal. Karena di tahun 2001 jumlahnya masih Rp 115 triliun dan di tahun 2012 jumlahnya Rp 341 triliun. Sedangkan kalau dibandingkan dengan perpajakan itu di tahun 2001, jumlahnya masih Rp 185 triliun dan di tahun 2012 jumlahnya Rp 1016 triliun," ungkap Agus Martowardojo.

Menteri Keuangan Agus Martowardojo menambahkan, penyetoran PNPB juga terlambat dilakukan oleh hampir 30 kementerian/lembaga. Berdasarkan temuan BPK, besarnya setoran itu mencapai Rp 300 miliar. Agus meminta kementerian/lembaga menindaklanjuti temuan BPK tersebut.

 
  • PNBP

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!