NASIONAL

LP Nusakambangan Lebih Layak Jadi Penjara Koruptor

"KBR68H, Jakarta "

Khusnul Khotimah

LP Nusakambangan Lebih Layak Jadi Penjara Koruptor
lp nusakambangan

KBR68H, Jakarta – LSM anti-korupsi ICW menilai penjara Nusakambangan, Cilacap, di Jawa Tengah lebih pantas bagi narapidana kasus korupsi ketimbang di penjara Sukamiskin, Bandung Jawa Barat. Aktivis antikorupsi dari ICW, Emerson Yuntho mengatakan, penjara Sukamiskin  menjadi salah satu tempat yang kerap memberikan keistimewaan bagi penghuninya. Hal itu tidak sejalan dengan tindak korupsi yang merupakan kejahatan luar biasa.

"Satu yang masih perlu kita investigasi lagi di sana juga ada kontrakan khusus narapidana, jadi kalau misalnya ada pemeriksaan pejabat, dia dimasukkan ke LP Sukamiskin, tapi kalau misalnya tidak ada pemeriksaan ya dia ditempatkan di kontrakan di sekitar LP Sukamiskin. Jumlah koruptor dalam catatan kita sekitar 1200, lalu bagaimana proses seleksi untuk menempati LP Sukamiskin?"kata Emerson.

Kementerian Hukum dan HAM telah menyiapkan penjara khusus koruptor di Sukamiskin. Nantinya, semua terpidana korupsi akan dikumpulkan di sana. Namun Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) lebih setuju jika para terpidana korupsi ditahan secara khusus di penjara  Nusakambangan. Alasannya pengasingan terpidana korupsi di satu pulau tersebut lebih dapat menciptakan efek jera ketimbang menahan mereka di penjara Sukamiskin.


  • lp nusakambangan

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!