NASIONAL

KPU: Hasil Verifikasi Faktual Parpol Diumumkan 7 Januari

KPU: Hasil Verifikasi Faktual Parpol Diumumkan 7 Januari

KBR68H, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pusat akan mengumumkan hasil verifikasi partai politik calon peserta Pemilu 2014 pada 7 Januari mendatang. Anggota KPU Arief Budiman mengatakan, KPU Pusat sudah menjadwalkan verifikasi dari daerah hingga tingkat propinsi. KPU saat ini masih menunggu hasil rekapitulasi dari tingkat daerah hingga provinsi sebelum diumumkan di tingkat pusat.

"Tanggal 1-3 itu rekap di tingkat propinsi, kemudian tanggal 4-5 itu propinsi diminta untuk mengirimkan hasil rekapitulasinya ke Pusat. Kemudian, tanggal 6,7,8 itu akan dilakukan rekapitulasi di tingkat pusat, nah Jakarta sendiri akan menjadwalkan rekapitulasi di tingkat pusat tanggal 7 Januari"kata Arief Budiman.

Anggota KPU Arief Budiman menambahkan, dari hasil verifikasi di daerah ditemukan banyak kecurangan-kecurangan yang dilakukan partai politik. Beberapa kecurangan yang ditemui adalah kantor perwakilan partai politik yang tidak ada hingga pencatutan nama orang sebagai pengurus atau anggota partai politik.

Sejak November lalu, KPU melakukan verifikasi faktual atau pemeriksaan lapangan terhadap 16 partai politik yang lolos syarat administrasi. Belakangan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu DKPP meminta agar KPU juga memeriksa data lapangan milik 18 partai politik yang sudah dicoret pada seleksi awal. 

  • verifikasi parpol

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!