NASIONAL

KPI Terima 40 Ribu Pengaduan, Masyarakat Kian Kritis

KPI Terima 40 Ribu Pengaduan, Masyarakat Kian Kritis
Penyiaran, KPI, MetroTV, TVOne, Pengaduan

KBR68H, Jakarta - Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) tahun ini menerima lebih dari 40 ribu pengaduan publik tentang isi siaran televisi.

Anggota KPI Bidang Isi Siaran Nina Mutmainnah Armando mengatakan, angka itu merupakan jumlah pengaduan terbesar ke KPI selama empat tahun terakhir.

Nina Mutmainnah mengatakan, meningkatnya jumlah pengaduan itu menunjukkan masyarakat makin kritis menilai isi siaran televisi.

"Pengaduan terbanyak itu menyangkut isi siaran. Umumnya pengaduan publik itu mengenai kritik terhadap isi siaran, dan yang terbanyak adalah kritik terhadap acara televisi. Kalau dilihat data dari 2007, maka pengaduan publik tahun ini merupakan yang tertinggi," kata Nina Mutmainnah Armando.

Anggota KPI Bidang Isi Siaran Nina Mutmainnah Armando menambahkan, setiap pengaduan yang masuk ke KPI akan diperiksa. Tujuannya untuk mengetahui jenis pelanggaran apa yang dilakukan oleh stasiun televisi tersebut. Meski banyak dari masyarakat yang meminta agar KPI memberikan hukuman. Namun, KPI tidak bisa melakukan hal itu.

Stasiun televisi MetroTV dan TVOne merupakan lembaga penyiaran paling banyak dikeluhkan publik tahun ini. KPI menilai, keluhan itu menyangkut pelanggaran terhadap kaidah-kaidah dan etika jurnalistik pada pemberitaan.


  • Penyiaran
  • KPI
  • MetroTV
  • TVOne
  • Pengaduan

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!