NASIONAL

Kemenkes : Belum Ada Warga Tertular Flu Burung Varian Baru

"Kementerian Kesehatan mengklaim virus flu burung jenis baru berkode 2.3 belum ditemukan menular pada manusia."

Guruh Dwi Rianto

Kemenkes : Belum Ada Warga Tertular Flu Burung Varian Baru
Flu Burung, Penularan Manusia

KBR68H, Jakarta - Kementerian Kesehatan mengklaim virus flu burung jenis baru berkode 2.3 belum ditemukan menular pada manusia. Direktur Pengendalian Penyakit Bersumber Binatang (P2B2) Kementerian Kesehatan Rita Kusriastuti mengatakan, sebagian besar korban masih berasal dari virus jenis lama. Namun, Rita menambahkan, Kementerian Kesehatan meminta masyarakat tetap mewaspadai virus ini.

"12 Desember sudah mengirim surat edaran dari dirjen P2PL ke seluruh dinas kesehatan se-Indonesia untuk mewaspadai hal ini, adanya jenis baru. Untuk mewaspadai jika menular pada manusia segera dilaporkan, karena sampai hari ini belum ada, belum ditemukan pada manusia, clade 2.3 Yang 9 orang meninggal itu kasus lama, kasus terakhir yang di Bogor itu virus lama, 2.1," ujar Rita

Virus flu burung jenis baru telah menyerang puluhan ribu itik di Pulau Jawa. Kini, virus telah menyebar ke Lampung. Kementerian Kesehatan mencatat dalam satu bulan terakhir 9 tewas akibat virus flu burung.

  • Flu Burung
  • Penularan Manusia

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!