Kabupaten Karanganyar dan Kota Surabaya Juara IGRA 2012

KBR68H, Jakarta

NASIONAL

Selasa, 11 Des 2012 18:00 WIB

Author

Doddy Rosadi

Kabupaten Karanganyar dan Kota Surabaya Juara IGRA 2012

IGRA 2012, karanganyar

KBR68H, Jakarta – Kabupaten Karanganyar dan Kota Surabaya terpilih sebagai juara Indonesia Green Region Award 2012, ajang penghargaan di bidang lingkungan yang diselenggarakan oleh Kantor Berita Radio 68H dan Majalah SWA. Kabupaten Karanganyar mengalahkan 9 kabupaten lainnya yang menjadi finalis IGRA 2012.

Bupati Karangaanyar Rina Iriani mengatakan, Pemkab Karanganyar menjalankan program lingkungan dengan melibatkan masyarakat. Program ini dinilai lebih mudah dan tidak memerlukan dana yang besar.

“Saya menerapkan aturan tanam, tanam dan tanam. Warga tidak boleh menebang pohon. Apabila ada warga yang ingin menebang pohon yang ada di halaman rumahnya, maka dia harus meminta izin dulu dari Bupati. Apabila aturan ini dilanggar maka yang bersangkutan bisa dipenjara,”kata Rina Iriani kepada KBR68H.

Sementara itu, kota Surabaya berhasil mengalahkan kota Yogyakarta dalam perebutan juara pertama IGRA 2012. Ini merupakan kali kedua secara berturut-turut kota Surabaya menjadi juara dalam ajang Indonesia Green Region Award.

Salah satu dewan juri, Palgunadi Setiawan mengatakan, kabupaten dan kota yang menjadi juara IGRA 2012 mempunyai pemimpin yang memiliki komitmen yang besar di bidang lingkungan. Kata dia, faktor kepemimpinan mempunyai peranan besar dalam menyukseskan program lingkungan di tiap-tiap daerah.

“Kita lihat program Bupati Karanganyar yang melarang warganya menebang pohon, lalu Walikota Surabaya yang membangun taman kota. Kebijakan yang mereka lakukan itu perlu sebuah keberanian dan juga komitmen besar.”ungkap Palgunadi.

Ada 10 kabupaten yang menjadi finalis IGRA 2012 yaitu Kabupaten Banyumas, Kabupaten Gresik, Kabupaten Jepara, Kabupaten Jombang, Kabupaten Karanganyar, Kabupaten Lamongan, Kabupaten Malang, Kabupaten Muara Enim, Kabupaten Ngawi dan Kabupaten Purbalingga.

Sedangkan untuk kategori Kota ada 9 finalis yaitu Kota Medan, Kota Padang, Kota Payakumbuh, Kota Probolinggo, Kota Surabaya, Kota Surakarta, Kota Tangerang, Kota Tarakan dan Kota Yogyakarta.

Ada enam orang yang menjadi Dewan Juri IGRA 2012 yaitu Darwina Sri Widjajanti (Direktur Eksekutif LEAD Indonesia yang juga pemerhati lingkungan), Tommy Firman (Guru Besar Departemen Teknik Planologi ITB), Heru Waluyo (Asisten Deputi Kajian Wilayah dan Sektor Kementerian KLH), Berry Nahdian Furqon (Bekas Direktur WALHI), Toriq Hadad (Wartawan Senior TEMPO), Salman Bachtiar (Indonesia Power) dan Palgunadi Setiawan (Pengusaha, Komisaris PT Adaro).

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17

Pemerintah Sebut Sertifikasi Layak Nikah Tak Wajib

Super You by Sequis Online, Asuransi Online untuk Milenial