HKTI Minta Moratorium Alih Fungsi Lahan Pertanian Diawasi

NASIONAL

Jumat, 28 Des 2012 09:30 WIB

Author

Ade Irmansyah

HKTI Minta Moratorium Alih Fungsi Lahan Pertanian Diawasi

Moratorium, HKTI, Pertanian

KBR68H, Jakarta - Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) meminta berbagai pihak mengawasi pelaksanaan moratorium alih fungsi lahan pertanian jika nanti jadi diterapkan 2013. Wakil Ketua Umum HKTI, Rahmat Pambudi mengatakan rencana ini sangat baik dalam konsepnya, karena bisa menyelamatkan lahan pertanian.

Namun, dalam penerapannya, perlu pengawasan dan aturan turunan yang mendukung.

"Ini butuh sosialisasi seluas-luasnya. Kemudian, daerah yang punya lahan pertanian produktif harus memasang papan pengumuman berukuran besar, bahwa ada moratorium alih fungsi lahan pertanian---dengan menyertakan peta daerah. Dengan begitu masyarakat bisa mengawasi," kata Rahmad Pambudi.

Langkah lain yang tidak kalah pentingnya adalah penerapan hukum terhadap orang yang melanggar, beserta sanksi yang tegas. "Yaitu dibawa ke pengadilan atau dituntut terhadap pelanggarannya," tambah Rahmat.

Wakil Ketua Umum HKTI, Rachmat Pambudi menambahkan Kementerian Pertanian juga perlu mengeluarkan peraturan yang melarang pemilik lahan menjual lahannya untuk kegiatan non-pertanian.

Sebelumnya, Kementerian berencana mengajukan draf moratorium alih fungsi lahan pertanian ke Presiden. Moratorium atau penghentian sementara alih fungsi itu dianggap penting karena lahan pertanian terus berkurang dan produksi pertanian kian menyusut.


Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Eps.6: Kuliah di Perancis, Cerita dari Dhafi Iskandar

Insiatif Masyarakat untuk Wujudkan Hunian yang Layak

Inisiatif Masyarkat untuk Wujudkan Hunian yang Layak

Inisiatif Masyarakat untuk Wujudkan Hunian yang Layak

Inisiatif Masyarakat untuk Wujudkan Hunian yang Layak