NASIONAL

Barter 3 Miliar Hartati Terungkap

Barter 3 Miliar Hartati Terungkap

KBR68H, Jakarta - Bekas Bupati Buol, Sulawesi Tengah Amran Batalipu mengakui adanya barter dari pemberian uang Rp 3 miliar oleh pengusaha Hartati Murdaya. Amran mengakui ini setelah jaksa memutar rekaman pembicaraannya dengan Hartati di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi. Uang Rp 3 miliar itu untuk kepentingan pilkada Buol. Sementara Hartati dipermudah untuk mendapat izin usaha perkebunan PT Cipta Cakra Murdaya (CCM).

"Itu nanti kita selesaikan Insya Allah. Nanti kita urus semuanya. (Benar apa yang dibicarakan ketika itu?) Benar Yang Mulia. Beliau meminta pada saat itu, minta dari sisa 70.000 hektar dikeluarkan. (Dari tadi bicara terus terang kan enak). Yang Mulia saja juga setuju ini diputar, karena selama ini saya sangat teraniaya, karena saya dibilang pemeras," ujar bekas Bupati Buol Amran Batalipu kepada kepada majelis hakim..

Pengamatan KBR68H, dalam rekaman percakapan itu, Hartati terdengar sangat mendesak Amran untuk segera mengeluarkan izin. Untuk Hartati, jaksa menuntutnya dengan hukuman lima tahun penjara karena dinilai terbukti menyuap bekas Bupati Buol. Namun, hal tersebut dibantahnya. Menurutnya, suap yang dituduhkan oleh KPK tidak benar. Hartati bahkan merasa diancam dan diteror oleh Amran Batalipu.

  • Hartati Murdaya

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!