NASIONAL

Presiden Jokowi Harap Para Tokoh Agama di R20 Bangun Kesepahaman

""Yang juga sangat penting adalah tokoh agama dari berbagai agama dan dari berbagai negara harus bekerja sama untuk meningkatkan kontribusi agama""

Wydia Angga

Religious Leaders R20
Ket Foto: Forum agama G20 atau Religion of Twenty (R20) dihelat di Bali. Kredit foto: LTN PBNU

KBR, Bali - Presiden Joko Widodo saat membuka Forum Agama G20 atau  Religion of Twenty (R20) melalui video, berharap kepada para tokoh agama yang berkumpul di Bali agar berhasil membangun kesepahaman dan kesepakatan. Selain itu Presiden Jokowi ingin para pemuka agama ini menyepakati langkah-langkah konkret agar agama berkontribusi lebih besar untuk peradaban kemanusiaan.

"Yang juga sangat penting adalah tokoh agama dari berbagai agama dan dari berbagai negara harus bekerja sama untuk meningkatkan kontribusi agama dalam menyelesaikan masalah-masalah dunia untuk mengurangi rivalitas dan perang demi dunia yang damai, dunia yang bersatu dunia yang bekerja sama untuk mewariskan kebaikan bagi generasi mendatang," ujar Presiden Joko Widodo, dalam pembukaan R20, Rabu (2/11).

Presiden Jokowi memandang peran penting para tokoh agama, seperti dukungannya dalam penanganan pandemi. bahkan tokoh agama yang berbeda juga menjadi bagian penting untuk menyukseskan program-program pembangunan Indonesia.

Dia menyebut gotong royong umat lintas agama di Indonesia patut dibanggakan. Kata dia, masjid, gereja, pura, wihara dan klenteng telah menjadi pusat literasi masyarakat di berbagai bidang.


Baca Juga: 

Gus Yahya Harap Para Pemimpin Agama Saling Jujur dan Terbuka di Forum R20

Perkuat Pluralisme, Masjid Syuhada Gandeng Gereja Gelar Festival Jazz


Presiden Jokowi berharap dengan adanya para tokoh agama dari berbagai agama berkumpul dalam forum G20 ini, Indonesia dapat belajar dari mereka yang juga memiliki keberhasilan serupa dengan NKRI juga membagi pengalamannya.

Forum agama G20 atau Religion of Twenty (R20) dihelat di Bali, 2-3 November 2022 dan dihadiri lebih dari 400 undangan dari dalam dan luar negeri. Mereka adalah para pemimpin agama, sekte, dan aliran kepercayaan dari berbagai negara dengan pengikutnya.

Editor: Rony Sitanggang

  • G20
  • R20
  • Forum pemimpin agama
  • Bali

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!