NASIONAL

Optimisme BI Akan Kekuatan Rupiah di 2023

""Komitmen tinggi Bank Indonesia, rupiah pada 2023 Insyaallah Tuhan menghendaki, akan menguat apabila gejolak global mulai mereda. Didukung fundamental ekonomi Indonesia yang baik, pertumbuhan tinggi,""

Sadida Hafsyah

Optimisme BI Akan Kekuatan Rupiah di 2023
ilustrasi mata uang rupiah. (Foto: Setkab.go.id)

KBR, Jakarta- Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo optimistis nilai tukar rupiah akan menguat di 2023 mendatang.

"Stabilitas nilai tukar rupiah tetap terjaga. Komitmen tinggi Bank Indonesia, rupiah pada 2023 Insyaallah Tuhan menghendaki, akan menguat apabila gejolak global mulai mereda. Didukung fundamental ekonomi Indonesia yang baik, pertumbuhan tinggi, inflasi rendah, inflasi imbal hasil SBN menarik," kata Perry saat Pertemuan Tahunan BI 2022, Rabu (30/11/2022).

Perry Warjiyo menjelaskan, penguatan nilai tukar rupiah salah satunya dapat dilakukan ketika inflasi terkendali. 

"Stabilitas eksternal yang kuat ditopang neraca modal surplus dari penanaman modal asing dan harapan masuknya kembali investasi portofolio cadangan devisa akan meningkat," jelasnya.

Perry juga mengklaim, lembaganya akan bekerja keras mempertahankan kondisi nilai tukar rupiah. Misalnya, membuat kebijakan moneter sebagai langkah mitigasi terhadap pengaruh gejolak perekonomian di tingkat global.

"BI akan secara konsisten melanjutkan respons kebijakan suku bunga melalui kalibrasi secara terukur (well-calibrated), perencanaan yang matang (well-planned), dan dikomunikasikan secara transparan (well-communicated) untuk memastikan tercapainya sasaran inflasi inti lebih awal yaitu pada semester I 2023," imbuhnya.

Berita terkait:

Nilai tukar rupiah pada penutupan perdagangan Rabu (30/11/2022) diperdagangkan di level Rp15.734 per 1 dolar AS, atau melemah 0,14 persen dari perdagangan sebelumnya.


Editor: Kurniati Syahdan

  • BI
  • bank indonesia
  • nilai tukar rupiah
  • Gubernur BI Perry Warjiyo
  • stabilitas ekonomi
  • Inflasi

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!