Bagikan:

Konser hingga Pertandingan Bola Kerap Over Capacity, Gimana Pengelolaan Manusianya?

Mengelola massa selama penyelenggaraan event dibahas asyik di Podcast What's Trending!

NASIONAL

Jumat, 04 Nov 2022 14:42 WIB

Author

Lea Citra

over capacity

over capacity

KBR, Jakarta- Belakangan pemberitaan dan media sosial diramaikan dengan persoalan over capacity atau kelebihan kapasitas pada sejumlah gelaran acara. Masih segar dalam ingatan kita soal tragedi Kanjuruhan. Komnas HAM menyebut penjualan tiket penonton di Stadion Kanjuruhan pada 1 Oktober lalu melebihi kapasitas. Komisioner Komnas HAM, Choirul Anam mengatakan tiket pertandingan melebihi batas dan dianggap mengabaikan keamanan dan keselamatan semua orang di stadion.

"Termasuk juga tata kelola tiket ini, wong jelas-jelas di sini 38.000 kok itu sampai membludak nyetaknya 43.000 dan sebelum-sebelumnya juga katanya juga mencetaknya begitu tergantung pertandingan. Jadi ini orientasinya bukan tergantung pada kapasitas stadion atau pada keamanan semua yang ada di stadion, tapi kepada jumlah tiket itu merupakan problem serius," ujar Anam dalam konferensi pers di kantornya, Rabu (12/10/2022).

Nah, masih terkait masalah kelebihan kapasitan, belum lama ini izin penyelenggaraan festival musik Berdendang Bergoyang dicabut oleh Polres Metro Jakarta Pusat. Salah satu masalah yang di sorot adalah kelebihan kapasitas dan adanya penonton gelap (penonton yang masuk tanpa tiket). Panitia penyelenggara diduga tidak profesional hingga menyebabkan beberapa penonton dilarikan ke rumah sakit selama festival berlangsung.

Baca Juga:

Pemujaan Idol sampai Segitunya

FOMO Sapiens : Dari Safa Space dan Fanatisme Idola Hingga Sahnya Revisi UU PPP

Cek Fakta: Foto Girl Band Twice Seolah Konser di Depan Pendukung Persib?

Gak cuma di dalam negeri, beberapa kasus yang melibatkan massa juga terjadi di sejumlah negara. Seperti tragedi Itaewon yang tercatat menewaskan 156 orang. Penyebab dari tragedi yang terjadi selama perayaan Halloween ala Korea Selatan ini masih diselidiki. Selain itu, belasan orang di Kongo tewas ketika menghadiri konser di Kinshasa. Penyebabnya lagi-lagi diduga lantaran masalah over capacity.

Mau tau bagaimana pengelolaan massa selama penyelenggaraan acara, event, konser atau pertandingan sepak bola. Yuk dengarkan podcast What's Trending KBR di link berikut ini:

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Kabar Baru Jam 7

Tergoda Perpanjangan Masa Jabatan Kepala Desa

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 11

Most Popular / Trending